top of page

BERDOA DAN MENGASIHI



 


1 Petrus 4:7-11



7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. 8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. 9 Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut. 10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. 11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 


Saat malam hari tiba, ada dua hal terpenting yang harus dilakukan yaitu mengunci pintu dan jendela serta mematikan kompor dan peralatan listrik. Kita melakukannya demi keamanan dan keselamatan bersama seisi rumah. Sementara itu, dalam hidup orang percaya, ada dua hal juga yang menjadi terpenting yaitu berdoa dan mengasihi. Itulah pesan Rasul Petrus dalam Injil Matius 22:36-40. Dengan berdoa, orang-orang Kristen menjalin hubungan dengan Allah. Dengan saling mengasihi, orang-orang Kristen menjalin hubungan dengan sesamanya.


Semua orang percaya dipanggil dan dipercaya untuk ambil bagian. Sobat Teruna, kita pasti bisa melakukan doa dan kasih sesuai kemampuan, kategori, talenta yang ada pada kita. Allah sudah lebih dahulu mengasihi kita dan kasih Allah itulah yang kita bagikan lewat berdoa dan mengasihi. Setiap bagian yang kita persembahkan adalah berharga dan tidak sia-sia, sesederhana apa pun itu. Misalnya ketika kita memilih untuk tidak bersungut-sungut kepada orang tua atau kita sabar mendengarkan orang lain menyampaikan pendapat.


Marilah menerapkan Firman Tuhan, juga besok hari saat mengikuti IHMPT. Setiap kesempatan beribadah, baik itu saat menyanyi, berdoa dan memimpin doa, membawakan kantong persembahan atau membacakan Alkitab adalah penting dan berharga. Mari menerapkan doa dan kasih kepada orang-orang di gereja, mulai dari Ayah dan Ibu, Kakak dan Adik, teman-teman PT dan Pendeta serta anggota Pelkat PA, GP, PKP, PKB, PKLU. Sebagai satu tubuh Kristus, baik orang tua maupun mereka yang

lebih muda adalah bagian penting dalam kehidupan beriman Sobat Teruna.


Ingatlah selalu bahwa perjalanan hidup sangat indah di mata Tuhan, dan patut dijadikan sebagai saluran yang baik dari kasih karunia Allah. (NPB/lls)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, perkenankanlah aku melayani dan terus berdoa, menjadi pelaksana kasih karunia dalam ketulusan.






Commentaires


bottom of page