top of page

BERDOA DAN RASAKAN PERTOLONGAN-NYA



 

Yesaya 38 : 1-3

1 Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos dan berkata kepadanya: ”Beginilah firman Tuhan: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi.” 2 Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada Tuhan. 3 Ia berkata: ”Ah Tuhan, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.” Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, apakah pernah mengalami sakit yang sulit disembuhkan? Sudah pasti kita merasa takut dan cemas, ya. Apalagi jika dokter sudah menyatakan, bahwa kita tidak dapat disembuhkan. Satu-satunya yang menjadi harapan adalah mukjizat yang berasal dari Tuhan.


Hizkia berusia dua puluh lima tahun ketika ia menjadi raja di Yehuda. Dalam bacaan Alkitab pada saat ini, Raja Hizkia mengalami sakit berat dan hampir mati. Nabi Yesaya mengatakan kepadanya bahwa ia akan meninggal. Mendengar berita yang disampaikan oleh Nabi Yesaya, Hizkia menjadi gelisah karena dia merasa tugasnya belum selesai. Lalu apa yang dilakukan Hizkia? Ya, Hizkia berdoa kepada Tuhan. Dalam doanya, Hizkia meminta Tuhan untuk mengingatnya sebagai orang yang setia. Sesungguhnya Hiskia berdoa untuk mempersiapkan diri menerima keputusan Tuhan. Di sinilah mukjizat terjadi, Tuhan memperpanjang usia Hizkia sebanyak lima belas tahun lagi. Hizkia melihat karya dan pertolongan Tuhan begitu nyata dalam hidupnya.


Sobat Teruna, masalah seringkali tidak dapat kita hindari. Masalah-masalah itu ada dalam berbagai wujud: sakit penyakit, tidak dapat membayar biaya sekolah, hubungan dalam pertemanan maupun dengan orang tua, dsb. Masalah tersebut kadang membuat kita takut dan cemas. Kekuatiran semakin bertambah ketika kita sudah tidak tahu mesti berbuat apa lagi dan ke mana akan mencari pertolongan. Ingatlah Sobat Teruna, ketika kita menghadapi masalah apa pun itu, datanglah kepada Tuhan Yesus. Berdoalah dan mintalah pertolongan kepada Tuhan Yesus. Tuhan Yesus akan menjawab dan memberi pertolongan serta kelegaan kepada Sobat Teruna. Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan Sobat Teruna. Tuhan Yesus selalu ada, seperti kata sebuah lagu, “Dia hanya sejauh doa.” (DAB)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Kristus, tolong ajarlah aku untuk senantiasa bergantung kepada-Mu di dalam doa dan pengharapan yang teguh.





Comments


bottom of page