top of page

BERIBADAH PERLU PERSIAPAN



 

I Tawarikh 6 : 31-38


31 Inilah orang-orang yang ditugaskan oleh Daud memimpin nyanyian di rumah Tuhan sejak tabut itu mendapat tempat perhentian. 32 Di hadapan Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan, mereka melayani sebagai penyanyi sampai Salomo mendirikan rumah Tuhan di Yerusalem. Mereka melakukan tugas jabatannya sesuai dengan peraturannya. 33 Inilah orang-orang yang memegang tugas itu dengan anak-anak mereka: dari bani Kehat ialah Heman, penyanyi itu, anak Yoël bin Samuel 34 bin Elkana bin Yeroham bin Eliel bin Toah 35 bin Zuf bin Elkana bin Mahat bin Amasai 36 bin Elkana bin Yoël bin Azaria bin Zefanya 37 bin Tahat bin Asir bin Ebyasaf bin Korah 38 bin Yizhar bin Kehat bin Lewi bin Israel.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Ibadah adalah ungkapan rasa takut dan hormat serta syukur, pujian dan sukacita umat manusia kepada Tuhan Allah karena Dia telah mengasihi, memelihara dan menyelamatkan kehidupannya. Melalui ibadah tersebut seseorang berjumpa dengan Allah, mengenal kehendak-Nya dan mendekatkan diri kepada-Nya, kemudian dapat melakukan apa yang dikehendaki Allah di dalam kehidupannya. Dalam ibadah, kehadiran Allah dirasakan, pengampunan Allah dinyatakan, tujuan dan janji-Nya diteguhkan kembali bagi umat manusia kemudian memberi keteguhan dan kekuatan bagi manusia menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam kehidupan ini.


Menyadari hal tersebut, maka yang namanya ibadah perlu dipersiapkan sebaik mungkin sehingga ibadah yang dilaksanakan dapat berjalan dengan tertib, teratur dan terarah agar ketika umat menghadap Allah benar-benar memberi suasana yang baik dan membangun kesadaran umat bahwa di hadapan mereka hadir Allah yang datang memberi keselamatan. Oleh karena itu Daud sebagai seorang raja memberi perhatian khusus ketika umat Israel menghadap Allah atau beribadah. Daud menunjuk beberapa orang yang ditugaskan untuk memimpin nyanyian dalam rumah Tuhan sehingga umat Israel dapat memuji dan memuliakan nama Tuhan dengan baik dan benar.


Sobat Teruna, mari kita senantiasa memiliki semangat untuk datang kepada Tuhan melalui ibadah yang akan dilaksanakan. Kita diingatkan juga agar senantiasa memiliki semangat untuk melibatkan diri dalam kegiatan Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna (IHMPT) seperti memberi diri untuk menjadi liturgos, berdoa, membaca Alkitab dan sebagainya. Selamat memuji dan memuliakan nama Tuhan Yesus dengan kesungguhan dan keseriusan sehingga persekutuan yang dilaksanakan dapat menjadi berkat dalam kehidupan ini. Selamat beribadah… Tuhan Yesus memberkati. (RM)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya...Tuhan... mampukan diriku menjadi seorang teruna yang memiliki semangat untuk beribadah, memuji dan memuliakan nama-Mu dalam persekutuan yang ada sehingga hidupku diperlengkapi dalam kebenaran firman-Mu.


Comments


bottom of page