" BERITA KESELAMATAN "





 


1 Petrus 1 : 3 - 12


3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan,4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.8 Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan,9 karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu.11 Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Setiap saat kita pasto mendapatkan berita, terutama melalui gadget. Beberapa diantaranya adalah tentang kegiatan yang sangat menarik, yang tak sabar ingin diikuti. Pembuat berita sudah meramu konten begitu rupa dan mebuat kita semakin barharap untuk dapat mengambil bagian.


Berita keselamatan yang dinubuatkan oleh nabi-nabi telah diterima oleh jemaat yang membaca Surat 1 Petrus ini. Allah Bapa sendirilah yang telah memulai karya agung itu dan Allah membuat para nabi bernubuat tentang karya keselamatan. Karya itu berlangsung terus sampai akhir zaman termasuk pada zaman surat ini dituliskan. Pada waktu itu jemaat dalam berbagai-bagai pencobaan. Mereka tetap bergembira karena percaya kepada Dia Yesus Kristus adalah bagian yang paling berharga yang patut dipuji dan disyukuri pada saat mana pun dan bagaimana pun keadaan jemaat.


Sobat teruna, berita keselamatan juga ditujukan bagi kita. Kita telah membaca dan mendengar tentang penderitaan yang Kristus jalani sampai mati dikayu salib. Kebangkitan-Nya adalah jaminan bahwa orang percaya diselamatkan dari kebinasaan. Alangkah besar sukacita kita, yang percaya dan menerima Tuhan Yesus Kristus Sang Juruslamat. Betapa agung rencana Allah yang memakai banyak orang untuk menyampaikan berita Injil ini, baik melalui orang tua kita, melalui Bapak ibu pendeta, melalui kakak layan Persekutuan Teruna maupun melalui berbagai media. Sebagai bagianorang percaya, kita juga dipakai Tuhan untuk menyampaikan berita keselamatan tersebut kepada orang lain. Kasih karunia Tuhan patut diperdengarkan ke seluruh dunia. Kita bisa menyampaikan mulai dari lingkungan terdekat dan memberitakannya lewat kesaksian hidup sehari-hari.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

"Tuhan Yesus, sungguh mulia karya-Mu dan betapa agung kasih karuniaMu. Pakailah aku untuk memberitakan keselamtan yang dari pada-Mu"