BERITAKAN PERBUATAN DAN KASIH TUHAN


Markus 5: 14-20


14 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan menceriterakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu keluarlah orang untuk melihat apa yang terjadi. 15 Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang yang kerasukan itu duduk, sudah berpakaian dan sudah waras, orang yang tadinya kerasukan legion itu. Maka takutlah mereka. 16 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu menceriterakan kepada mereka tentang apa yang telah terjadi atas orang yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu. 17 Lalu mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka.

18 Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia. 19 Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: ”Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!” 20 Orang itu pun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Orang yang kerasukan Legion[1] dikuasai roh jahat dalam jumlah banyak dan memiliki kekuatan yang sangat mengerikan. Kekuatan roh ini menggerakkan seseorang yang dikuasainya untuk melawan Allah, Injil, kemuliaan-Nya dan sesamanya manusia. Hati seseorang yang dikuasainya penuh dengan kesombongan, pemberontakan, perusuh dan sifat jahat lainnya. Akibatnya, ia tidak mengalami sukacita dan damai sejahtera. Meskipun demikian, kuasa Tuhan Yesus tidak dapat mereka tandingi. Hal ini tampak dari perubahan perilaku yang dialami oleh orang yang kerasukan legion setelah roh itu diusir Tuhan Yesus keluar dari dalam dirinya. Ia dapat duduk tenang, berpakaian dan kembali waras. Ketika ia memohon ikut serta dalam perjalanan Tuhan Yesus, Dia tidak mengijinkannya. Yesus menyuruhnya pulang agar dia memberitakan kasih dan kuasa Tuhan atas hidupnya.

Sobat Teruna, kuasa roh jahat itu ada di sekitar kita. Kapan saja dia dapat menguasai kita. Kuasanya dapat menjadi kuat serta mengerikan ketika kita memilih untuk mengeraskan hati dan tidak mau mendengarkan nasihat. Perilaku kita akan berubah menjadi beringas, kasar, suka berbohong dan mengumbar janji palsu sehingga tidak dapat menjaga kepercayaan siapa pun. Orang-orang yang di sekitar kita akan merasa kurang nyaman. Itu bukan karena mereka membenci kita. Roh jahat itu mengeluarkan suasana penuh ketakutan, kemarahan dari dalam diri kita. Kita mungkin tidak menyadarinya. Sebab itu ijinkanlah kuasa Tuhan Yesus menguasai hati kita. Jangan biarkan kuasa jahat mencuri kebahagian, damai sejahtera dan sukacita dari hidup kita. (EJRZ)

[1] serdadu Romawi terdiri atas enam ribu orang; menurut yang lain lagi 12.500 orang. Akan tetapi, jumlah legion bagi orang Romawi, seperti halnya jumlah resimen bagi kita, tidaklah selalu sama.


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolonglah aku agar mampu menguasai hati untuk tetap hidup dalam kasih dan ajaran-Mu saja.