top of page

BERJUANG DAN MENANG



 

Ulangan 20 : 1-4

1 ”Apabila engkau keluar berperang melawan musuhmu, dan engkau melihat kuda dan kereta, yakni tentara yang lebih banyak dari padamu, maka janganlah engkau takut kepadanya, sebab Tuhan, Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir, menyertai engkau. 2 Apabila kamu menghadapi pertempuran, maka seorang imam harus tampil ke depan dan berbicara kepada rakyat, 3 dengan berkata kepada mereka: Dengarlah, hai orang Israel! Kamu sekarang menghadapi pertempuran melawan musuhmu; janganlah lemah hatimu, janganlah takut, janganlah gentar dan janganlah gemetar karena mereka, 4 sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Alma sering mengikuti kelas tari saat kegiatan belajar telah usai. Alma telah berlatih selama setahun penuh untuk menari di pertunjukan. Sayangnya, pertunjukannya dibatalkan karena pandemi Covid-19. Siswa lainnya di Madrid, Unai mengaku kesulitan belajar di rumah sejak pandemi karena ada saudaranya yang masih kecil sehingga terganggu. Siswa dari Jepang, Masato mengaku sedikit cemas awalnya ketika harus belajar di rumah sejak pandemi. Walaupun demikian, ia berusaha beradaptasi karena dia sangat suka belajar.


Kitab Ulangan 20:1-4 berkisah tentang penyertaan Tuhan bagi umat-Nya dalam berperang. Kekuatan musuh dengan kuda dan kereta serta tentara yang jumlahnya banyak tentunya mendatangkan ketakutan. Walaupun demikian, Tuhan memberikan keyakinan melalui seorang imam, “Janganlah lemah hatimu, janganlah takut, janganlah gentar dan janganlah gemetar karena mereka. Sebab Tuhan, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang melawan musuh dan akan memberikan kemenangan.”


Sobat Teruna, saat ini mungkin kita tidak lagi berperang melawan musuh yang berkuda. Kita sedang berperang melawan Covid-19. Banyak rencana kita yang gagal dilakukan akibat pandemi ini. Kegiatan belajar dilakukan dari rumah. Aktivitas tidak lagi seperti dulu. Sepertinya virus Covid-19 ini lebih kuat dari kekuatan manusia. Virus Covid-19 ini membuat kita seperti tidak mempunyai harapan lagi. Namun firman Tuhan hari ini mengingatkan kita kembali untuk jangan lemah, takut, gentar dan gemetar. Percayalah bahwa Tuhan akan menolong dan menyertai kita. Bangkitlah dan terus berjuang, Sobat Teruna! Tuhan Yesus pasti memberi kemenangan. Sampai kapan virus Covid-19 ini akan selesai? Kita tidak pernah tahu. Yang perlu dilakukan adalah terus berkarya dan meraih masa depan dengan cara yang baru. Kita pasti bisa! (MMMG)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolonglah aku untuk tetap percaya bahwa dalam situasi apapun Engkau selalu ada. Tolong berikanlah aku semangat supaya dapat tetap berkarya dan berprestasi, walau dalam situasi pandemi Covid-19.

Comments


bottom of page