BERKAT TUHAN LINTAS GENERASI



 

I Tawarikh 1:17-27


17 Keturunan Sem ialah Elam, Asyur, Arpakhsad, Lud, Aram, Us, Hul, Geter dan Mesekh. 18 Arpakhsad memperanakkan Selah, dan Selah memperanakkan Eber. 19 Bagi Eber lahir dua anak laki-laki; nama yang seorang ialah Peleg, sebab dalam zamannya penduduk bumi terbagi, dan nama adiknya ialah Yoktan. 20 Yoktan memperanakkan Almodad, Selef, Hazar-Mawet, Yerah, 21 Hadoram, Uzal, Dikla, 22 Ebal, Abimael, Syeba, 23 Ofir, Hawila dan Yobab; itulah semuanya anak-anak Yoktan. 24 Sem, Arpakhsad, Selah, 25 Eber, Peleg, Rehu, 26 Serug, Nahor, Terah, 27 Abram, itulah Abraham.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Salah satu pepatah mengatakan: “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” yang artinya, sifat anak tidak jauh berbeda dari ayah atau ibunya. Jadi, kalau orang tuanya rajin beribadah serta rajin berdoa, maka anak-anaknya pun akan rajin beribadah dan berdoa. Karena pada dasarnya, anak sering meniru orang tuanya. Walau kadang terjadi sebaliknya, namun sangat jarang.


Sobat Teruna, Firman Tuhan yang kita renungkan pada saat ini mengisahkan tentang daftar keturunan Sem anak Nabi Nuh. Dari keturunan Sem ini, kita mengetahui bahwa Abraham yang disebut sebagai “bapa orang beriman” adalah juga merupakan keturunan Sem. Kesetiaan dan ketaatan Sem sebagai leluhur Abraham, juga ada pada diri Abraham. Abraham hidup di tengah keluarga yang sangat taat dan setia kepada Tuhan. Benar sekali bahwa segala sesuatu memang dimulai dari kehidupan keluarga yang taat kepada Tuhan. Jadi, pepatah di atas adalah benar sesuai bacaan hari ini.


Sobat, dari Firman Tuhan ini, kita mau belajar untuk meneladani orang tua akan hal-hal baik yang mereka miliki. Misalnya perihal hidup beriman mereka kepada Tuhan dan hal-hal baik lainnya. Hal-hal baik inilah yang terus kita ambil sebagai bekal hidup kita sebagai teruna Kristen, secara khusus tentang bagaimana cara orang tua kita hidup taat dan setia kepada Tuhan. Yakinlah selalu, kalau Tuhan memberkati kehidupan orang tua kita, maka Tuhan pun pasti akan memberkati kita sekalian. Karena sungguhlah berkat Tuhan itu lintas generasi! (FIMT)



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ajarlah aku, Tuhan, untuk selalu hidup taat kepada-Mu sebagaimana telah ditunjukkan oleh orang tuaku.