top of page

BERSERU KEPADA ALLAH



 

I Tawarikh 4:9-10


9 Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: ”Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan.” 10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: ”Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sebagai orang Kristen, berdoa merupakan nafas kita. Seharusnya memang kita senantiasa berdoa kepada Tuhan sebagaimana kita bernafas. Beragam alasan dan isi doa kita. Ada yang berisi ungkapan syukur, namun ada juga yang berisi pengharapan. Saat ini, kita mau belajar bersama dari permohonan yang ditujukan Yabes kepada Tuhan. Dalam doa Yabes, ada beberapa hal yang dimintanya dari Tuhan, antara lain agar ia diberkati berlimpah-limpah, daerah kekuasaannya diperluas, dilindungi dari beragam malapetaka dan kesakitan serta agar tangan Tuhan senantiasa melindunginya.


Sobat Teruna, Yabes adalah salah satu tokoh dalam Alkitab yang memegang teguh ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan. Yabes sendiri sangat meyakini bahwa hanya Tuhan yang dapat mendengar dan menjawab setiap seruan doa yang dinaikkan kepada-Nya. Hal ini terbukti ketika Alkitab menyatakan bahwa Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya. Mengapa demikian? Karena ketaatan dan kesetiaan Yabes kepada Tuhan.


Dari bagian Firman Tuhan ini, kita mau belajar bahwa ketika seseorang yang taat dan setia berseru dalam doa pada Tuhan, maka pastilah Tuhan akan mendengar dan mengabulkan segala sesuatunya menurut pandangan Tuhan. Oleh sebab itu, yang harus kita lakukan di tengah derasnya dorongan untuk tidak taat dan setia, adalah mari kita tetap mempertahankan ketaatan dan kesetiaan itu pada Tuhan, serta tetaplah berseru kepada-Nya, Ia pasti mendengar! (FIMT).



 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus yang baik, ajarlah aku untuk selalu setia serta rajin berdoa kepada-Mu.



Comments


bottom of page