top of page

BERSIKAP KONSISTEN, PENTINGKAH?






 


1 Raja-raja 6:1-13



1. Dan terjadilah pada tahun keempat ratus delapan puluh sesudah orang Israel keluar dari tanah Mesir, pada tahun keempat sesudah Salomo menjadi raja atas Israel, dalam bulan Ziw, yakni bulan yang kedua, maka Salomo mulai mendirikan rumah bagi Tuhan. 2. Rumah yang didirikan raja Salomo bagi Tuhan itu enam puluh hasta panjangnya dan dua puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.

3. Balai di sebelah depan ruang besar rumah itu dua puluh hasta panjangnya, menurut lebar rumah itu, dan sepuluh hasta lebarnya ke sebelah depan rumah itu.

4. Dibuatnya juga pada rumah itu jendela-jendela yang rapat bidainya.

5. Pada dinding rumah itu sekelilingnya didirikannya kamar tambahan, sekeliling ruang besar dan ruang belakang, dan seluruhnya dibuatnya bertingkat-tingkat.

6. Tingkat bawah lima hasta lebarnya, yang tengah enam hasta dan yang ketiga tujuh hasta, sebab telah dibuatnya ceruk-ceruk pada rumah itu sekeliling sebelah luar, sehingga dinding rumah itu tidak usah dilobangi.

7. Pada waktu rumah itu didirikan, dipakailah batu-batu yang telah disiapkan di penggalian, sehingga tidak kedengaran palu atau kapak atau sesuatu perkakas besi pun selama pembangunan rumah itu.

8. Pintu tingkat bawah ada pada lambung kanan rumah itu, dan orang naik dengan tangga-tangga pilin ke tingkat tengah dan dari tingkat tengah ke tingkat yang ketiga.

9. Setelah ia selesai mendirikan rumah itu, dibuatnyalah langit-langit rumah itu dari bingkai dan pemapan dari kayu aras.

10. Dan setelah ia mendirikan kamar tambahan itu pada rumah itu sekeliling, yakni setiap tingkat lima hasta tingginya, maka rumah itu ditutupinya dengan kayu aras.

11. Kemudian datanglah firman Tuhan kepada Salomo, demikian:

12. ”Mengenai rumah yang sedang kaudirikan ini, jika engkau hidup menurut segala ketetapan-Ku dan melakukan segala peraturan-Ku dan tetap mengikuti segala perintah-Ku dan tidak menyimpang dari padanya, maka Aku akan menepati janji-Ku kepadamu yang telah Kufirmankan kepada Daud, ayahmu,

13. yakni bahwa Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan tidak hendak meninggalkan umat-Ku Israel.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Saat ditanya apa penyebab nilainya dapat meningkat, Mikha menjawab: “Sekarang saya sudah lebih konsisten!”.Siswa kelas 7 SMP ini menjelaskan arti konsisten yang ia maksud, yaitu saat berencana mengerjakan tugas di sore hari maka ia melakukannya. Saat mengatakan pada orang tua ia akan belajar sungguh-sungguh menghadapi Penilaian Harian, ia pun menepatinya.Luar biasa kata yang dipilih Mikha sebagai remaja jaman now untuk menyimpulkan penyebab keberhasilannya yaitu karena konsisten. Dalam KBBI, konsisten diartikan sebagai tetap (tidak berubah-ubah);taat asas;ajek. Konsisten juga dapat berarti selaras, sesuai, contohnya antara ucapan dengan perbuatan.


Firman Tuhan kepada Salomo pada ayat 12-13 menyebutkan bahwa Allah akan tinggal di tengah-tengah umatNya dan tidak akan meninggalkan mereka jika sang pemimpin yaitu Salomo “…hidup menurut segala ketetapan-Ku dan melakukan segala peraturan-Ku dan tetap mengikuti segala perintah-Ku dan tidak menyimpangdaripadanya, ….”.Namun, sebagaimana kita tahu, dalam perjalanan hidup selanjutnya, ternyata Salomo berubah.Ia tidak lagi sepenuh hati mengikuti Tuhan sehingga Tuhan mengoyakkan kerajaan Israel (lihat 1 Raja-raja 11:1-13). Sikap tidak konsisten Salomo dalam mengikuti Tuhan, telah berdampak buruk pada rakyat yang dipimpinnya.


Sobat Teruna, memang tidak mudah untukbersikap konsisten taat dan setia pada Tuhan. Namun kita dapat melihat betapa penting dan besar pengaruh dari ada atau tidaknya sikap konsisten ini.Oleh karena itu bersemangatlah untuk belajar bersikap konsisten. Pegang janji Tuhan yaitu jika Sobat Teruna (baca: Pemimpin yang Membangun) konsisten untuk taat dan setia mengikuti segala perintah-Nya maka hidup dan masa depan Sobat Terunabahkan keluarga dan bangsa ini akan senantiasa dipelihara dan diberkati oleh Tuhan. OKT

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


"Ya Tuhan,mampukan aku untuk terus belajar bersikap konsisten, terlebih konsisten mengikuti-Mu.Karena aku yakin dan percaya hanya beserta-Mulah hidup dan masa depanku diberkati."



bottom of page