top of page

BERSYUKURLAH, TUHAN SELALU ADA!



 

Keluaran 17 : 5-7

5 Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: ”Berjalanlah di depan bangsa itu dan bawalah beserta engkau beberapa orang dari antara para tua-tua Israel; bawalah juga di tanganmu tongkatmu yang kaupakai memukul sungai Nil dan pergilah. 6 Maka Aku akan berdiri di sana di depanmu di atas gunung batu di Horeb; haruslah kaupukul gunung batu itu dan dari dalamnya akan keluar air, sehingga bangsa itu dapat minum.” Demikianlah diperbuat Musa di depan mata tua-tua Israel. 7 Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai Tuhan dengan mengatakan: ”Adakah Tuhan di tengah-tengah kita atau tidak?”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, situasi kehausan atau kelaparan dapat membuat orang marah dan bertengkar. Hal tersebut dialami umat Israel pada saat mereka mengalami kehausan di padang gurun Sin. Bayangkan di daerah yang tandus dan panas, mereka tidak menemukan air untuk diminum. Apa yang kemudian terjadi? Mereka mendatangi Musa dan marah kepadanya. Namun Tuhan mempunyai cara untuk menyelesaikannya. Kembali Tuhan mengarahkan apa yang harus dilakukan Musa. Tuhan sendiri mengatakan bahwa Ia akan ada di sana. Tuhan menyuruh Musa memukul gunung batu dengan tongkat. Betapa dahsyat sabda Tuhan itu. Bagian gunung batu yang dipukul itu kemudian memancarkan air. Air tersebut segera dipakai orang Israel untuk minum dan lain-lain. Berarti, sesungguhnya Tuhan itu ada dan selalu dekat dengan Bangsa Israel. Ia tidak pernah beranjak dari tengah-tengah mereka. Jadi tidak ada alasan bagi mereka untuk bertanya, “Adakah TUHAN di tengah-tengah kita atau tidak?” (ay.7).


Sobat Teruna, kita tidak perlu takut kalau berada dalam kesulitan, sebab Tuhan selalu hadir dan menopang. Seringkali cara Tuhan itu unik dalam menolong karena Ia sanggup menunjukkan cara penyelesaian yang di luar kebiasaan. Banyak orang dapat dipakai sebagai perpanjangan tangan Tuhan yang perkasa untuk mendatangkan kebaikan. Ia hadir dalam hidup kita. Ia peduli dan tahu apa yang diperlukan serta diharapkan untuk masa depan maupun cita-cita kita. Tuhan hanya meminta kita percaya kepada-Nya dan bersikap tenang, sebab Ia ada. Bahkan Ia selalu membiarkan diri-Nya disapa oleh kita kapan saja dan di mana pun setiap saat, melalui doa, puji-pujian, perenungan Firman Tuhan secara pribadi, ibadah bersama dalam IHMPT, dll. Jadi bersyukurlah kepada Tuhan! (MPS)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan, mohon lindungilah aku dari ketidaknyamanan. Tolong dampingi aku di dalam

kebingunganku. Aku bersyukur Engkau selalu ada bagiku.

Comentarios


bottom of page