BOLEHKAH BERSUMPAH?


Matius 23 : 16-22


16 Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat. 17 Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu? 18 Bersumpah demi mezbah, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi persembahan yang ada di atasnya, sumpah itu mengikat. 19 Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu? 20 Karena itu barangsiapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya. 21 Dan barangsiapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam di situ. 22 Dan barangsiapa bersumpah demi sorga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna, apa itu sumpah? Sumpah mempunyai tiga arti. Pertama, sumpah adalah pernyataan yang dinyatakan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan. Kedua, sumpah adalah pernyataan yang disertai dengan tekad yang kuat untuk melakukan sesuatu. Ketiga, sumpah adalah janji atau ikrar untuk menyelesaikan sesuatu. Pertanyaannya, apakah kita sebagai teruna Kristen boleh bersumpah?


Bacaan Alkitab hari ini adalah bagian dari perkataan Tuhan Yesus untuk orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. Dalam pemahaman kaum Farisi dan ahli-ahli Taurat, ada dua jenis sumpah yaitu yang mengikat dan yang tidak mengikat. Sumpah yang mengikat adalah yang diucapkan dengan berpikir panjang dan serius. Sebaliknya, sumpah yang tidak mengikat adalah yang diucapkan tanpa berpikir panjang. Tuhan Yesus menegur mereka dan menyatakan bahwa pemahaman itu tidak tepat. Dalam Matius 5:36-37, Tuhan Yesus menyatakan bahwa seseorang tidak boleh bersumpah demi apa pun. Mengapa? Karena manusia sesungguhnya tidak memiliki apa pun. Tuhan adalah pemilik dari segala sesuatu.


Sobat Teruna, apakah kita boleh bersumpah? Jawabannya tidak. Namun demikian, kita seringkali dengan mudah mengatakan ”sumpah demi Tuhan.” Jika bersumpah demi Tuhan, berarti kita memiliki-Nya atau berkuasa atas Dia. Ini adalah pemahaman yang salah. Tuhan yang memiliki hidup kita sepenuhnya. Matius 5:36 menyatakan bahwa kita tidak mungkin bersumpah atas rambut sendiri. Mengapa? Karena bukan kita yang menciptakan rambut, melainkan Tuhan. Begitu pula, kita tidak boleh bersumpah demi Tuhan. Karena bukan kita yang menciptakan Tuhan. Sebaliknya, Tuhan yang menciptakan kita. Karena itu, janganlah kita bersumpah sembarangan. “Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan tidak.” (Matius 5:37). (BAI)

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong ajar aku untuk menjalani hidupku sesuai kehendak-Mu dan tidak bersumpah dengan sembarangan.