top of page

BUANGLAH CEMASMU






 


2 Timotius 2 : 1 - 7


1 Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus. 2 Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain. 3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus. 4 Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya. 5 Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. 6 Seorang petani yang bekerja keras haruslah yang pertama menikmati hasil usahanya. 7 Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sebentar lagi Sobat Teruna akan memasuki bulan ujian, baik Ujian Nasional atau Ujian-ujian yang lain. Persiapan untuk menghadapi ujian pun sudah Sobat Teruna lakukan, bukan? Berbagai cara ditempuh untuk mendapat bekal ilmu yang baik agar pada saat ujian kita lulus dengan nilai yang baik pula. Apa yang terjadi setelah itu? Dengan hasil ujian yang baik dan memenuhi persyaratan, kita pun bisa masuk ke sekolah yang menjadi tujuan. Sobat Teruna pasti menjalani dan mengalami proses semacam ini.


Sobat Teruna tentu pernah membaca kisah tentang para murid Tuhan Yesus ketika menghadapi badai di tengah laut dan bagaimana Tuhan menghardik badai tersebut agar diam. Mereka takut terhadap badai yang akan menenggelamkan kapal dan seisinya. Rasa takut itu begitu kuatnya sehingga para murid lupa bahwa dalam perahu yang sama ada Tuhan Yang Hidup. Kita membaca bagaimana hebatnya Tuhan Yesus menghardik badai agar reda, dan juga meredakan ketakutan serta kecemasan yang dirasakan para murid-Nya. Tuhan yang maha punya segalanya. Tidak ada satupun yang sanggup mengatasi badai kecemasan, kecuali Tuhan kita Yesus Kristus.


Sobat Teruna, sangat wajar jika kita merasa cemas, namun tidaklah wajar jika rasa cemas itu berlebihan. Tuhan Yesus tidak pernah memberikan roh kecemasan. Dia memberikan roh yang membangkitkan kekuatan (ayat 7). Jika sobat Teruna merasa cemas, datanglah kepada Tuhan Yesus sambil mengungkapkan kecemasan. Setelah itu, Sobat Teruna melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Jadilah tenang karena Tuhan mengatasi kecemasan kita dan menggantikannya dengan roh kekuatan. (EHW)

 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ketika aku menghadapi badai dan merasa cemas, aku mohon Tuhan memberikan roh kekuatan.


Comments


bottom of page