top of page

CARA MENGHADAPI AJARAN SESAT



 

Wahyu 2 : 16

16 Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, apakah pernah mendengar pandangan yang menyatakan bahwa akhir zaman itu tidak ada? Padahal Alkitab dengan tegas menyatakan akan ada akhir zaman. Selain itu, ada juga pandangan yang menyatakan bahwa Yesus bukan Tuhan dan Juruselamat. Padahal Alkitab juga dengan tegas menyatakan serta membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat.


Sobat Teruna, Firman Tuhan hari ini dilatarbelakangi oleh munculnya ajaran-ajaran sesat di sekeliling jemaat di Pergamus. Ada ajaran Bileam. Maksudnya adalah ajaran yang membujuk orang untuk memuja ilah-ilah dunia, seperti dulu bangsa Israel diajak menyembah Baal-Peor (Bil. 25:1-3, 31:16). Ada juga ajaran Nikolaus yang menyatakan bahwa jemaat boleh memakan makanan yang dipersembahkan kepada berhala atau pun ikut dalam upacara penyembahan berhala itu sendiri. Melihat kenyataan ini, Tuhan memerintahkan kepada semua orang yang ikut serta dalam perbuatan dan pemberitaan yang menyesatkan agar bertobat. Jika tidak bertobat, maka Tuhan berkata, “Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang dimulut-Ku ini” (ay.16).


Menyikapi berbagai ajaran sesat, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Pertama, berdoa memohon hikmat dan bimbingan kuasa Roh Kudus agar iman kita tidak mudah goyah. Kedua, rajin dan tekun membaca serta merenungkan Firman Tuhan dalam Alkitab agar kita dapat membedakan ajaran sesat dengan pengajaran Yesus Kristus. Ketiga, menolak ajaran-ajaran sesat yang bertentangan dengan pengajaran Tuhan Yesus. Kita harus memegang teguh Firman Tuhan dalam Alkitab. Kita pun harus melakukannya untuk menjadi contoh dan teladan, sehingga orang lain juga terhindarkan dari bahaya penyesatan. Kita juga perlu menyadarkan orang yang berupaya menyebarkan ajaran sesat agar dia bertobat dan mengikuti ajaran Tuhan Yesus. (RJMW)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, mohon jadikanlah aku pribadi yang setia mendengar serta melakukan ajaran-Mu, sehingga dapat melaksanakan fungsiku menjadi garam dan terang di tengah-tengah dunia ini.


Commentaires


bottom of page