top of page

"CONNECT DAN ONLINE"



 

Roma 12 : 1-8


1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing. 4 Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, 5 demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. 6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. 7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar; 8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.




Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, di zaman digital kebutuhan akan koneksi internet telah menjadi kebutuhan utama. Koneksi internet memungkinkan kita memasuki dunia digital entah mencari informasi untuk tugas sekolah di browser, memasuki media sosial, dan bermain permainan online. Koneksi internet membuat semua pengguna aplikasi di telepon pintar menjadi online bukan offline.


Rasul Paulus meminta jemaat di Roma untuk selalu connect. Jemaat di Roma haruslah menghubungkan pikiran dan tubuh mereka. Hubungan antara pikiran dan tubuh akan menghasilkan kebaikan. Pikiran yang tertuju kepada Kristus membuat tubuh juga berusaha melakukan kebaikan bagi Kristus. Belum lagi Rasul Paulus juga meminta jemaat di Roma untuk connect dengan sesama jemaat. Artinya setiap jemaat di Roma harus terhubung dalam hati dengan sesamanya. Hal itu membuat setiap jemaat di Roma akan saling menopang; saling menguatkan; saling memikul satu dengan lainnya. Kenapa harus saling terhubung? Karena semua jemaat di Roma sama-sama beriman kepada Kristus dan sama-sama menerima anugerah keselamatan dari Kristus.


Rasul Paulus mengingatkan kita untuk terus terhubung dengan Kristus. Koneksi yang baik dengan Kristus menjadi awal baik untuk bersikap baik dalam hidup setiap hari. Itu semua diperlukan agar kita selalu on-line, selalu ada dalam jalur yang benar yaitu dalam jalan Kristus. Bahkan kita juga harus belajar untuk terhubung dengan sesama kita dengan membantu sesama yang kesusahan, menghibur sesama yang berduka; itu semua dilakukan juga agar mereka selalu ada dalam keadaan on-line yang percaya bahwa sesama mereka merupakan anugerah terindah dari Tuhan.


Mari Sobat Teruna, kita terus connect dengan Kristus dan berusaha sekuat mungkin untuk on-line dalam jalur Kristus. (SS)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:

Ajarlah aku untuk selalu berada dalam jalan-Mu dan tuntunlah aku agar selalu terhubung dengan-Mu ya Tuhan.

Comments


bottom of page