top of page

DENGAN SEMBARANGAN



 

Keluaran 20 : 7-8

7 Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu, dengan sembarangan, sebab Tuhan akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. 8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, seberapa sering kita menyebut kata Tuhan? Contohnya, saat kita terkejut akan sesuatu, tidak jarang kita menyebut “Ya Tuhan”! Tidak jarang juga kita dengan mudah mengucapkan kata-kata “demi Tuhan.” Ucapan demikian mungkin terlihat seperti hal yang sepele, namun yang sepele itu adalah sesuatu yang berbahaya. Mengapa? Kata Tuhan bukanlah kata yang dapat dengan sembarangan diucapkan. Kata Tuhan itu adalah kata yang kudus dan mempunyai makna yang khusus bagi orang-orang yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan.


Bacaan kita pada hari ini adalah bagian dari hukum Tuhan, biasa dikenal dengan sebutan Sepuluh Hukum Tuhan. Dikatakan sebagai hukum karena di dalamnya berisi perintah-perintah bagi bangsa Israel. Perintah-perintah ini harus dilakukan oleh bangsa Israel agar mereka selalu hidup kudus sebagaimana Tuhan adalah kudus. Dalam bacaan kita, ada dua pembahasan yaitu penyebutan nama Tuhan dan pengudusan hari Sabat. Perihal nama Tuhan, kita dapat melihat di Keluaran 3:14. Tuhan tidak secara spesifik menyebut nama-Nya, namun Ia adalah Tuhan yang Mahakuasa. Perihal pengudusan hari Sabat adalah perihal menjalankan ibadah sebagai bentuk kesetiaan kepada Tuhan.

Sobat Teruna, memperlakukan sesuatu dengan sembarangan sama saja kita tidak menghormati hal itu. Contohnya ketika kita mengucapkan nama orangtua dengan sembarangan, maka kita tidak sedang menghormati orangtua kita. Begitu pula dengan Tuhan. Tuhan tidak ingin kita menyebut nama-Nya dengan sembarangan tetapi dengan penuh hormat dan pujian khususnya dalam konteks ibadah dan doa. Dalam ibadah, kita tidak bisa bersikap sembarangan tetapi harus bersikap dengan sungguh-sungguh penuh hormat karena berhadapan dengan Tuhan. Karena itu khususkanlah hari atau waktu untuk datang beribadah kepada-Nya. (BA)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan, ajar aku untuk lebih menghormati Engkau. Ajar aku agar menjaga sikapku dalam beribadah agar Tuhan tetap berkenan atas hidupku.



Comments


bottom of page