top of page

DIBIMBING OLEH TUHAN



 

Keluaran 33: 15-17

15 Berkatalah Musa kepada-Nya: ”Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini. 16 Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?” 17 Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: ”Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau.”



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Apakah Sobat Teruna senang bertualangan (travelling) untuk menjangkau tempat-tempat tertentu yang belum pernah dikunjungi? Guna mendukung kegiatan tersebut, maka yang dibutuhkan adalah pedoman untuk membimbing perjalanan. Kita dapat menggunakan peta, kompas, aplikasi google maps atau pemandu jalan, yaitu teman ataupun guide yang sudah tahu tempatnya.


Musa menyadari bahwa tak ada artinya dirinya dan Bangsa Israel melanjutkan perjalanan di padang gurun menuju tanah perjanjian tanpa disertai Tuhan. Karena itu Musa memohon agar Tuhan tetap memberikan penyertaan baginya (ay.13) maupun umat Israel (ay.15-16). Tuhan mendengar permohonan tersebut (ay.14,17). Penyertaan dan bimbingan Tuhan kepada umat Israel adalah suatu anugerah dan jaminan. Karena Tuhan sudah membuktikan kuasa dan bimbingan-Nya bagi umat Israel. Tuhan menyelamatkan mereka dari kematian anak sulung di Mesir dan pengejaran tentara Firaun. Tuhan menolong mereka menyeberangi laut Teberau dengan tiang awan dan tiang api. Tuhan memberi makanan maupun air di Mara, Elim, Masa, juga Meriba, serta memberikan kemenangan melawan orang Amalek (Kel.13:17-17:16). Meskipun Tuhan marah kepada umat Israel, namun karena melihat dan mengenal pribadi Musa (ay.17), Ia tidak membinasakan, melainkan memberi kesempatan bagi mereka untuk bertobat.


Sobat Teruna, jika Tuhan menyaksikan dosa kita, tentu Ia juga ingin membinasakan. Namun Bapa melihat Yesus Putra-Nya yang telah mengorbankan nyawa agar kita diselamatkan. Kita diberi kesempatan untuk hidup karena anugerah dari Yesus Kristus. Ia membimbing dengan Firman-Nya agar kita berbicara dan berperilaku benar. Roh Kudus mengajarkan untuk mengerti dan memahami firman-Nya serta menegur dan mengingatkan kita. Sobat Teruna, marilah arahkan hidup kepada Tuhan Yesus, karena Dialah yang membimbing serta mewujudkan cita-cita kita. (Sdn)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus, tolong ajarlah aku setia mengikuti petunjuk firman-Mu agar tidak tersesat pada masa mudaku.

Commentaires


bottom of page