DOKTER BANYAK, TETAPI JURUSELAMAT HANYA SATU


Matius 9: 1-8

1 Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri. 2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: ”Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni.” 3 Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: ”Ia menghujat Allah.” 4 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: ”Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? 5 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? 6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” – lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu –: ”Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” 7 Dan orang itu pun bangun lalu pulang. 8 Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna, lumpuh adalah kondisi lemah, tidak bertenaga atau tak dapat bergerak pada anggota badan terutama kaki oleh karena berbagai penyebab. Ada lumpuh kaku, yaitu kondisi di mana anggota badan tidak dapat dilenturkan dan kehilangan fungsi motorik karena suatu penyakit. Ada pula lumpuh layuh, yaitu kondisi dimana anggota badan lemah sekali sampai tidak mampu menahan apapun, disebabkan oleh suatu virus.


Di dunia ini, ada berbagai jenis terapi untuk meringankan sampai menyembuhkan kondisi kelumpuhan. Ada banyak dokter, tabib maupun terapis yang handal untuk mengatasi kelumpuhan baik pada masa Tuhan Yesus berkarya dulu di kota-Nya (Kapernaum), maupun di zaman modern sekarang. Namun demikian, hal utama yang harus dibereskan pada diri seseorang menurut Tuhan Yesus adalah dosa. ‘Virus dosa’ tidak bisa disembuhkan oleh manusia kecuali Tuhan sendiri. Kepandaian manusia setinggi apa pun ilmunya, tidak bisa mengatasi dan mengampuni dosa. Kuasa dosa dapat membelenggu orang yang tidak lumpuh maupun yang mengalami kelumpuhan. Dosa membuat seseorang tidak bisa melakukan perintah Tuhan. Walaupun hatinya ingin melakukan firman Tuhan, tetapi dirinya tidak mampu menahan bujuk rayu kuasa dosa. Karena itu hal pertama yang dilakukan oleh Tuhan Yesus adalah mengampuni dosa orang lumpuh tersebut, baru kemudian memulihkan kondisinya, sehingga dia akhirnya dapat berjalan dan jiwanya pun selamat.


Sobat Teruna, kelumpuhan rohani adalah penyakit yang sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kebinasaan. Mari datang kepada Tuhan Yesus, Sang Tabib Agung dan Juruselamat. Mari bawalah juga saudara-saudara terkasih kita yang lemah iman datang kepada Tuhan Yesus. Pengampunan-Nya memulihkan tubuh, jiwa, dan roh kita, sehingga dapat berkarya memuliakan Nama-Nya dan mengalami kehidupan kekal bersama-Nya. (YRLJ)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, ini aku yang memohon pengampunan dan pemulihan atas hidupku, serta pakailah diriku untuk membawa mereka yang mengalami kelemahan iman agar memperoleh pertolongan dari-Mu dan kehidupan kekal bersama-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon