top of page

Faith Confirmation



 

Ibrani 10 : 19 - 22


19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, 20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, 21 dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. 22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Gereja - gereja di dunia mengenal pengukuhan iman seseorang berdasarkan sakramen Baptisan dan peneguhan Sidi . Selain gereja gereja seperti GPIB ( Presbyterian Church ) . gereja - gereja lain juga melaksanakan sakramen baptisan dan sidi kepada warga Jemaat yang beranjak dewasa . Pasti Sobat Teruna sudah mendengar istilah ini , atau bahkan Sobat Teruna sedang ikut kelas Katekisasi .


Jika Sobat Teruna pernah mengikuti ibadah peneguhan sidi , maka di bagian Pengakuan dan Janji , pertanyaan pertama yang ditujukan kepada katekisan adalah " Apakah saudara percaya kepada Allah Tri Tunggal : Bapa , Pencipta langit , bumi dan segala isinya ; Yesus Kristus . Tuhan dan Juruselamat yang telah menebus dan menyelamatkan saudara dari dosa dan maut ; serta Roh Kudus , Penolong dan Pemimpin saudara dalam kebenaran baru sesuai kehendak Allah ? Lalu , para katekisan akan menjawab : " Ya , dengan segenap hatiku . "


Momen itulah yang ditunggu - tunggu semua warga jemaat yang hadir . Momen ini menjadi pengakuan dari katekisan bahwa dengan iman , ia percaya Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat . Sehingga ketika perikop kita hari ini mengatakan , " kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat yang Kudus " ( ay . 19 ) , sudah semestinya menjadi pernyataan yang menggembirakan bagi kita .


Berulang kali , bahkan seluruh teks Alkitab yang diilihami Roh Kudus adalah satu cerita besar yang menyatakan bahwa keselamatan hanya ada di lama Yesus Kristus . Melalui baptisan dan peneguhan sidi ( ay.22 ) , kita boleh percaya kita menjadi pewaris kerajaan Allah . Oh , sungguh senang ikut Tuhan Yesus .


Sekarang PR kita adalah untuk tetap setia sampai akhir hayat seperti rasul Paulus ( 2 Tim 4 : 7 ) dan para pengikut Kristus lainnya yang telah mendahului kita .

Sudah siap ? GAM/Is




 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Doa: Tuhan Yesus , aku bersyukur untuk menjadi umat pilihan - Mu . Jagalah hatiku dan gi kakak - kakak yang ada di perbarui imanku untuk selalu setia kepada - Mu . / kelas katekisasi , berikan mereka keteguhan hati untuk mengikuti program dengan baik sampai sidi , bahkan sampai akhir hayat mereka . Amin .

Comments


bottom of page