HARAPAN BARU BAGI YANG SETIA



 

Kejadian 9 : 1-17

1 Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: ”Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi. 2 Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan. 3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. 4 Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan. 5 Tetapi mengenai darah kamu, yakni nyawa kamu, Aku akan menuntut balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap manusia Aku akan menuntut nyawa sesama manusia. 6 Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri. 7 Dan kamu, beranakcuculah dan bertambah banyak, sehingga tak terbilang jumlahmu di atas bumi, ya, bertambah banyaklah di atasnya.”

8 Berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anaknya yang bersama-sama dengan dia: 9 ”Sesungguhnya Aku mengadakan perjanjian-Ku dengan kamu dan dengan keturunanmu, 10 dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu: burung-burung, ternak dan binatang-binatang liar di bumi yang bersama-sama dengan kamu, segala yang keluar dari bahtera itu, segala binatang di bumi. 11 Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi.” 12 Dan Allah berfirman: ”Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya: 13 Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi. 14 Apabila kemudian Kudatangkan awan di atas bumi dan busur itu tampak di awan, 15 maka Aku akan mengingat perjanjian-Ku yang telah ada antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, segala yang bernyawa, sehingga segenap air tidak lagi menjadi air bah untuk memusnahkan segala yang hidup. 16 Jika busur itu ada di awan, maka Aku akan melihatnya, sehingga Aku mengingat perjanjian-Ku yang kekal antara Allah dan segala makhluk yang hidup, segala makhluk yang ada di bumi.” 17 Berfirmanlah Allah kepada Nuh: ”Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan segala makhluk yang ada di bumi.”

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, pandemi Covid-19 merupakan persoalan yang luar biasa dan dialami oleh semua bangsa. Penyebarannya amat luas dan dampaknya sangat besar memengaruhi dunia. Banyak dari antara kita yang menemukan keluarga, sanak saudara bahkan kerabat yang mengalaminya. Peristiwa ini merupakan pencobaan atau kesulitan hidup yang harus kita lalui sebagai orang percaya. Hal yang sama juga dialami oleh Nuh ketika air bah melanda. Ketika manusia berpaling dari-Nya dan tidak bertobat, Allah menurunkan air bah dan memporak-porandakan dunia.


Namun demikian, bacaan kita hari ini adalah tentang perjanjian Allah dengan Nuh dan keturunannya. Ketika air bah sudah surut dan daratan kembali terlihat, Allah memberikan janji-Nya kepada Nuh dan keturunannya. Allah berjanji tidak akan ada lagi yang hidup dilenyapkan oleh air bah dan tidak ada air bah untuk memusnahkan bumi. Sebagai tanda perjanjian-Nya, Allah meletakkan busur-Nya di awan. Maksudnya agar ketika Allah melihat busur itu, Ia akan mengingat perjanjian yang telah dibuat-Nya dengan Nuh dan keturunannya.


Sobat Teruna, sesungguhnya melalui peristiwa air bah dan perjanjian Allah dengan Nuh dalam bacaan alkitab hari ini, kita diingatkan tentang sesuatu yang penting. Hal tersebut adalah bahwa di dalam setiap pencobaan dan kesulitan hidup orang percaya, akan selalu ada harapan baru yang timbul karena Allah selalu menyertai hidup kita. Kepada siapa yang tetap taat dan setia kepada Allah, Dia tidak akan pernah membiarkannya berjalan sendirian. Allah akan selalu ada mendampingi dan memberi kekuatan, perlindungan serta pemeliharaan dengan berkat-berkat-Nya. Jadi jangan berputus asa. Jadilah teruna-teruna yang tetap setia kepada Allah sebab selalu ada harapan dalam Dia. (ACTK)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Allah, mohon jadikanlah aku alat di tangan-Mu untuk memberikan harapan di tengah banyaknya mereka yang putus asa karena pencobaan dan kesulitan hidup.