top of page

HATI-HATI GUNAKAN HATIMU



 


Amsal 4 : 20-27



20 Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku;

21 janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu.

22 Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka. 23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 24 Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu. 25 Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka. 26 Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu. 27Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.



 


Hati - hati gunakan tanganmu ,

Hati - hati gunakan tanganmu ,

Karna Bapa di Sorga melihat ke bawah ,

Hati - hati gunakan tanganmu .


Sobat Teruna masih ingat lirik lagu IHMPA di atas ? Lagu ini mengajak kita untuk berhati - hati dalam menggunakan tangan , kaki , tubuh lainnya . Hati - hati dalam bertindak perlu bagi anak-anak Tuhan, tentunya supaya hidup kita sesuai dengan kehendakNya.


Bagaimana jika lirik lagu kita ganti menjadi " hati - hati gunakan hatimu ? Mengapa demikian ? Karena bagi Salomo , dalam bacaan kita , hati bagian penting untuk menyimpan nasihat dan firman Tuhan . Setelah Salomo mengingatkan untuk tidak seperti orang fasik yang hidup dalam kejahatan , ia mengingatkan agar semua nasihat dan firman Tuhan dilekatkan dalam hati . Mengapa hati ? Hati adalah pusat pertimbangan manusia , bersama dengan pikiran , akan membuat manusia bertindak dan berperilaku . Mengisi hati kita dengah hal - hal yang baik akan menuntun pikiran dan tindakan kita ke arah yang baik . Menjaga hati dari hal - hal yang jahat dan mengisinya dengan menyimpang ke jalan yang salah . Untuk itu , jika hati kita tidak berisi hal - hal yang baik maka akan terwujud dalam tindakan dan perilaku kita , yang akan membawa kita seperti orang fasik melakukan yang jahat , begitupun sebaliknya .


Sobat Teruna , isilah hati dengan hal - hal yang baik , dengan kasih , bukan dengan dendam , dengan mengampuni , bukan dengan amarah yang tidak redam , dengan mau menolong dan mendoakan orang lain , bukan menjatuhkan orang lain , supaya hidupmu tidak menyimpang dari kehendak Tuhan . Hati - hati gunakan hatimu ! (EEP/es)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan ajarkan aku untuk mengisi hatiku dengan kasih , sehingga memancarkan kasihMu dalam pikiran dan tindakanku .






Comentários


bottom of page