top of page

Hidup dalam Kebencian... Oh No!!! Hidup dalam Kasih... Yes!!!





 

1 Yohanes 2 : 7 - 11


7 Saudara-saudara yang kekasih, bukan perintah baru yang kutuliskan kepada kamu, melainkan perintah lama yang telah ada padamu dari mulanya. Perintah lama itu ialah firman yang telah kamu dengar. 8 Namun perintah baru juga yang kutuliskan kepada kamu, telah ternyata benar di dalam Dia dan di dalam kamu; sebab kegelapan sedang lenyap dan terang yang benar telah bercahaya. 9 Barangsiapa berkata, bahwa ia berada di dalam terang, tetapi ia membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan sampai sekarang. 10 Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan. 11 Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Hai Sobat Teruna, bagaimana rasanya jika kita hidup dalam kondisi yang saling membenci? Kita yang sedang membenci saudara atau teman? Atau jika kita yang sedang dibenci oleh teman-teman atau saudara-saudara kita? Tidak enak, bukan?


Bacaan hari ini mau mengingatkan kita lagi sobat Teruna. Yohanes mengingatkan kita tetap hidup saling mengasihi. Yohanes mengingatkan kita akan perintah Tuhan Yesus, yaitu agar kita "hidup saling mengasihi". Apa tujuannya sobat teruna? Tujuannya adalah jika kita saling mengasihi, maka kita sudah menjalankan perintah yang sudah Tuhan Yesus ajarkan untuk saling mengasihi. Selain itu dengan kasih, maka kita akan hidup dengan sesama menjadi ceria dan gembira.


Bagaimanapun juga jika kita saling membenci, maka hidup kita tidak benar di mata Tuhan. Apakah kita mau seperti itu? Saya yakin bahwa sobat teruna tidak mau, bukan? Hidup yang penuh kebencian akan membuat hidup menjadi gelap. Rasa takut, khawatir akan selalu muncul.


Sebaliknya orang yang hidup penuh kasih, akan merasa lebih dekat dengan saudara-saudara atau teman-teman dan semakin dekat dengan Allah.


Mari sobat Teruna, kita mempraktekkan hidup yang penuh dengan kasih. Kita akan dimampukan oleh Roh Kudus, yang menopang dan menolong.

Marilah kita membuat hidup lebih bermakna dengan cara mempraktekkan kasih di dalam keseharian kita. Tuhan Yesus menolong kita, ya sobat Teruna.

(CGM/sh)

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus yang baik, tolong kami sobat-sobat Teruna agar hidup dalam kasih kepada orangtua, adik, kakak, saudara-saudara dan sesama kita. Melalui Roh Kudus-Mu, biarlah aku selalu diingatkan untuk selalu hidup dalam kasih.

コメント


bottom of page