HIDUP MENGENAL DAN DI DALAM YANG BENAR


1 Yohanes 5 : 17-20


17 Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut. 18 Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya. 19 Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat. 20 Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Sobat Teruna, menjelang akhir dari suratnya, penulis memperlihatkan konsistensinya dalam hal meyakinkan pembacanya agar tetap hidup dan tinggal di dalam Tuhan Yesus apa pun yang sedang mereka hadapi. Ada dua alasannya. Pertama, karena Yesus Kristus telah melepaskan orang percaya dari kuasa dosa. Hal ini bukan berarti bahwa orang Kristen sama sekali tidak berdosa. Namun demikian, orang Kristen tidak berjuang sendirian karena ada Tuhan Yesus yang selalu menjaga dan melindungi. Mereka tidak akan pernah kalah dalam perjuangannya melawan dosa, karena si jahat tidak dapat menjamahnya. Hal tersebut sebagaimana lirik lagu KJ 436: “…nafsu kejahatan harus kau tentang, harap akan Yesus: pasti kau menang. Ia bri pertolongan: pastilah kau menang.” Alasan kedua karena Tuhan selalu berada di pihak orang percaya dalam menghadapi dunia yang berada di bawah kuasa si jahat. Selama orang Kristen melibatkan Tuhan dalam memerangi kuasa kejahatan maka Dia tidak akan tinggal diam atau membiarkan. Sebagaimana kesaksian Roma 9: 31 “Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?”


Sobat Teruna, selaku anak-anak Tuhan masa kini, kita bisa saja menghadapi tantangan yang besar. Oleh sebab itu kita diajak untuk terus hidup mengenal Tuhan dan tinggal di dalam Dia. Roh Kudus akan memberikan pengertian kepada kita untuk dapat memikirkan dan memutuskan mana yang benar atau yang tidak berkenan kepada Tuhan. Itu artinya kita akan selalu menjadi teruna-teruna yang seluruh perasaan, pikiran, perkataan dan perbuatannya penuh dengan kebaikan serta kebenaran yang menyukacitakan hati Tuhan, baik di tengah keluarga, sekolah maupun pergaulan. (VEUW)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan Yesus, hanya dengan hidup mengenal dan di dalam Engkau, aku akan senantiasa dijaga maupun dilindungi dari kuasa kejahatan serta perbuatan dosa yang mendukakan hati-Mu.