HIDUP SESUAI KEHENDAK-NYA


Kisah Para Rasul 2 : 41-42


41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. 42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Berita tentang Yesus orang Nazaret yang telah mati di kayu salib, bangkit pada hari ketiga untuk mengalahkan kuasa maut (jahat) adalah Tuhan, telah membuat para pendengarnya merasa terharu. Hati mereka telah disentuh oleh Roh Kudus. Kemudian mereka pun bertanya kepada Rasul Petrus, “Apakah yang harus kami perbuat saudara-saudara?” (ay. 37). Dengan tegas Rasul Petrus memberitahu cara hidup yang Tuhan Yesus kehendaki untuk dilakukan yaitu mereka harus bertobat. Merka juga harus menerima baptisan dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosa. Dengan demikian mereka akan menerima karunia Roh Kudus.

Sobat Teruna, setiap orang yang sungguh-sungguh mau mengikut Tuhan Yesus harus bersedia menjalani kehidupan ini dengan cara yang dikehendaki-Nya. Hal ini merupakan salah satu bentuk memberitakan kebenaran firman Tuhan. Kita bukanlah pribadi yang bisa bertingkah laku semaunya sendiri karena semua ada aturannya. Karena itu, hendaknya kita memberikan hati untuk dituntun Roh Kudus agar mencintai firman Tuhan dan memiliki hubungan yang intim dengan-Nya melalui doa maupun persekutuan ibadah. Dengan demikian, kita dapat mengetahui cara hidup yang dikehendaki-Nya.


Hari ini kita merayakan Hari Ulang Tahun Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) yang ke 71 tahun (25 Mei 1950-25 Mei 2021). PGI memiliki jumlah anggota 91 gereja, yang bukan hanya dilihat sebatas gedung ibadah saja, terutama setiap pribadi yang bersekutu di dalamnya. Sobat Teruna, mari kita berdoa bagi PGI agar terus bertumbuh dan berjalan sesuai dengan cara hidup yang dikehendaki Tuhan Yesus supaya pekabaran Injil tersebar ke seluruh dunia. Dengan demikian, berita keselamatan dapat didengar oleh semua orang. Karena keselamatan yang diberikan Tuhan Yesus berlaku bagi semua orang. (EJRZ)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong mampukanlah aku agar dapat menjalani hidup dengan cara yang Engkau kehendaki. Mohon berkatilah PGI agar terus bertumbuh menjadi persekutuan yang berjalan sesuai dengan kehendak-Mu.