top of page

HIDUPLAH RUKUN DAN DAMAI



 

Roma 15: 4-5

4 Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci. 5 Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan, mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus,


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, apakah pernah menyanyikan sebuah lagu no 296 dari buku Gita Bakti? Lagu tersebut berjudul, “Oh, Alangkah Baik dan Indahnya.” Lirik lagu tersebut antara lain menyatakan: “Oh, alangkah baik dan indahnya, bila di tempat berhimpun, orang bersaudara sama-sama duduk rukun…, karena dari sana Tuhan datang memberi berkat-Nya” (dikutip dari Mazmur 133).


Rasul Paulus mendoakan agar Allah mengaruniakan kerukunan kepada Jemaat di Roma sesuai dengan kehendak Yesus Kristus. Apakah arti kata ‘rukun’ tersebut? Kata rukun berasal dari bahasa Arab, ruku. Ruku artinya tiang atau tiang-tiang yang menyangga rumah. Kalau tiang-tiang penyangga tersebut tidak seimbang atau salah satu bagiannya keropos atau pun rusak, maka pasti atap rumah itu akan roboh. Demikian pula persekutuan jemaat. Bila satu dengan yang lain tidak satu hati dan satu suara memuliakan Allah, maka persekutuan jemaat bisa mengalami perpecahan. Bila kasih yang ditunjukkan selama ini ternyata tidak tulus, kehilangan kesabaran, lalu masing-masing hanya mengutamakan kepentingannya sendiri maupun kelompoknya, maka terjadilah keributan bukan kerukunan.


Karena itu diperlukan ketekunan untuk saling menjaga hidup rukun. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti tekun adalah berkeras hati dan sungguh-sungguh bekerja, belajar, berusaha untuk sesuatu yang ingin dicapainya. Jadi, jika anggota-anggota dalam suatu persekutuan jemaat mau mempertahankan kelanggengan kehidupan yang rukun, maka mereka harus sungguh-sungguh belajar dan berusaha melakukan banyak hal yang berkaitkan dengan kerukunan.


Sobat Teruna, sebagai murid Yesus Kristus, kita dipanggil untuk menciptakan suasana rukun dengan siapa saja tanpa memandang suku, agama, budaya dan lain sebagainya. Marilah menjaga kerukunan di mana pun kita berada, sebab ke sanalah berkat-berkat Tuhan akan dicurahkan. (YDTL)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Allah Bapa, tolonglah aku agar memiliki kerendahan hati seperti Kristus serta tekun belajar untuk mengusahakan maupun menjaga hidup rukun dan damai dengan sesamaku.


Comentarios


bottom of page