HOLLOW MAN



1 Korintus 2 : 9-16

9 Tetapi seperti ada tertulis: ”Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” 10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 12 Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 13 Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. 14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. 16 Sebab: ”Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?” Tetapi kami memiliki pikiran Kristus.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


Film jebolan Hollywood - Hollow Man mendapat nominasi Academy Award untuk efek visual terbaik di tahun 2001. Ini bukanlah hal yang mengherankan mengingat film tersebut hampir sepanjang ceritanya menggambarkan kemampuan seorang ilmuwan membuat dirinya tidak terlihat oleh mata manusia normal.


Allah adalah Roh, maka manusia bisa melihat-Nya hanya dengan mata rohaninya. Seperti “hollow man” yang tidak kelihatan, namun kehadirannya bisa dirasakan, begitulah keberadaan Allah. Walaupun jelas ini bukanlah perbandingan yang setara karena Allah terlalu besar untuk dibandingkan dengan apa pun. Hikmat Allah itu rahasia dan tersembunyi. Bukan karena Allah tidak ingin memberitahukannya kepada kita. Keterbatasan kitalah yang membuat kita tidak akan bisa memahami seutuhnya keberadaan Allah (ayat 6-7). Meskipun keberadaan Allah tidak bisa ditangkap oleh panca indera kita, Ia tetap menyediakan apa yang dibutuhkan anak-anak-Nya yang mengasihi-Nya (ayat 9). Allah itu Roh yang berkuasa. Dialah Pencipta langit, bumi dan segala isinya. Karena itu tidak ada seorang pun yang dapat memahami jalan pikiran Allah (ayat 16).


Sobat Teruna, karena Allah itu Roh, maka kita hanya bisa menghampiri-Nya dalam roh dengan cara berdoa dan membaca Alkitab setiap hari. Meskipun tidak terlihat, kehadiran Allah itu nyata lewat alam ciptaan-Nya. Penyertaan-Nya bisa dirasakan lewat nafas hidup, kesehatan dan kekuatan yang kita miliki. Mungkin tidak semua yang kita minta dalam doa dikabulkan oleh Allah. Walaupun demikian, percayalah bahwa Allah lebih mengetahui yang terbaik untuk kita. Ingat, tidak ada orang yang mengetahui jalan pikiran Allah, yang perlu kita lakukan hanyalah taat kepada kehendak-Nya. Dengan demikian, Ia akan membawa kita kepada hidup yang penuh harapan, berlimpah sukacita dan damai sejahtera. (VS)

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa yang baik, mohon anugerahkanlah kepadaku iman yang teguh untuk merasakan kehadiran-Mu setiap hari melalui karya kasih-Mu.