top of page

IBADAH ATAU BERIBADAH



 

Yakobus 1:26-27

26 Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya.

27 Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, adakah di antara kita yang merasa dirinya paling rajin mengikuti Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna (IHMPT)? Mungkin dari antara kita ada yang merasa bangga karena paling rajin mengikuti IHMPT? Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah ibadah hanya sebatas hari minggu saja?


Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, boleh saja kita berbangga diri jika memang rajin mengikuti IHMPT. Hal ini merupakan contoh dan teladan yang baik. Namun melalui perenungan ini, kita diajak untuk melihat lebih jauh arti dari ibadah serta sikap yang harus dilakukan sebagai teruna GPIB. Yakobus mengajarkan kita memiliki sikap yang baik sebagai wujud nyata kita rajin dalam beribadah. Kita diajak untuk bisa beribadah, yaitu melakukan ibadah di dalam kehidupan kita sehari-hari. Beribadah tidak hanya terbatas di dalam ibadah Hari Minggu dan hanya di dalam gedung gereja. Beribadah harus dilakukan dalam kehidupan kita setiap saat. Artinya perilaku kita sehari-hari harus baik dan benar seturut kehendak Tuhan Yesus Kristus. Ibadah yang sejati (beribadah) adalah segala sesuatu yang kita lakukan selalu berpusat hanya kepada Tuhan Yesus Kristus Sang Sumber Kehidupan kita.


Mari Sobat Teruna, kita tidak hanya diajak untuk rajin mengikuti Ibadah (IHMPT ataupun IHM). Namun kita juga harus mampu “beribadah” dalam kehidupan kita sehari-hari, baik ketika kita berada di rumah, sekolah, gereja dan tempat kita bermain. Ibadah yang murni dan bernilai di mata Tuhan Yesus ialah ketika kita mampu memiliki perilaku yang mencerminkan diri sebagai anak-anak Tuhan yang selalu patuh pada firman-Nya. Mari menjadi teladan sebagai pelaku firman Tuhan. (EYRB)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Tuhan Yesus Kristus yang menjadi Sumber Kehidupan, mohon aku dimampukan untuk selalu “beribadah” di dalam kehidupanku agar hidupku memuliakan nama-Mu dan menjadi berkat untuk banyak orang.




Comments


bottom of page