top of page

IMAN YANG AKTIF



 

Lukas 5: 17-26

17 Pada suatu hari ketika Yesus mengajar, ada beberapa orang Farisi dan ahli Taurat duduk mendengarkan-Nya. Mereka datang dari semua desa di Galilea dan Yudea dan dari Yerusalem. Kuasa Tuhan menyertai Dia, sehingga Ia dapat menyembuhkan orang sakit. 18 Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus. 19 Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus. 20 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: ”Hai saudara, dosamu sudah diampuni.” 21 Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: ”Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?” 22 Akan tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada mereka: ”Apakah yang kamu pikirkan dalam hatimu? 23 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah? 24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” – berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu –: ”Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!” 25 Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah. 26 Semua orang itu takjub, lalu memuliakan Allah, dan mereka sangat takut, katanya: ”Hari ini kami telah menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Sobat Teruna, pada akhir Desember 2020, seorang warganet menceritakan di akun twitter-nya tentang kebaikan para tetangganya. Ketika ia dan seluruh keluarganya harus menjalani isolasi mandiri di rumah karena terpapar Covid-19, tetangga-tetangganya memberikan dukungan serta perhatian dengan mengirimkan makanan, juga buah-buahan. Kisah inspiratif tentang kepedulian tersebut seakan menjadi angin segar di tengah badai Covid-19 yang masih mengancam kehidupan manusia hingga saat ini.


Bacaan Alkitab hari ini juga berkisah tentang kepedulian. Lukas mengisahkan tentang seorang lumpuh yang diusung oleh beberapa orang untuk dibawa kepada Yesus agar dipulihkan. Mereka nampaknya mengimani bahwa Yesus mampu menyembuhkan orang yang lumpuh tersebut. Walaupun awalnya mengalami kendala, tetapi kemudian mereka berusaha membongkar atap rumah tempat Yesus berada. Mereka berhasil menurunkan si lumpuh tepat di depan Yesus. Inilah contoh iman yang aktif. Yesus memuji iman mereka. Yesus pun mengampuni dosa orang yang lumpuh tersebut dan memulihkannya. Sikap yang berbeda ditunjukkan oleh ahli Taurat dan orang Farisi. Mereka tidak percaya kepada Yesus dan enggan menolong. Mereka justru hanya berpikir buruk, ketika Yesus mengampuni dosa orang yang lumpuh tersebut.


Sobat Teruna, memasuki Minggu Adven I, firman Tuhan mengingatkan kita bahwa iman kepada Yesus bukanlah yang pasif, melainkan yang aktif. Di tengah pandemi yang masih melanda dunia, kita mengimani bahwa Yesus berkuasa memulihkan dunia dari Covid-19. Namun demikian, hendaknya kita juga terus bekerja dan berjuang dengan gigih bersama seluruh umat manusia untuk mewujudkan pemulihan Tuhan bagi dunia ini. Bagaimana caranya? Nyatakanlah kasih dan kepedulian kepada teman atau orang terdekat yang terpapar Covid-19, sehingga mereka mendapat kekuatan, semangat serta damai sejahtera. (YJ)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Tuhan, tolong aku untuk dapat mengambil bagian dalam mewujudkan pemulihan-Mu atas dunia yang menderita karena pandemi Covid-19.

Comments


bottom of page