top of page

IMANKU MENYELAMATKANKU






 


Kisah Para Rasul 16 : 19 – 34


19. Ketika tuan-tuan perempuan itu melihat, bahwa harapan mereka akan mendapat penghasilan lenyap, mereka menangkap Paulus dan Silas, lalu menyeret mereka ke pasar untuk menghadap penguasa.

20. Setelah mereka membawa keduanya menghadap pembesar-pembesar kota itu, berkatalah mereka, katanya: ”Orang-orang ini mengacau kota kita ini, karena mereka orang Yahudi,

21. dan mereka mengajarkan adat istiadat, yang kita sebagai orang Rum tidak boleh menerimanya atau menurutinya.”

22. Juga orang banyak bangkit menentang mereka. Lalu pembesar-pembesar kota itu menyuruh mengoyakkan pakaian dari tubuh mereka dan mendera mereka.

23. Setelah mereka berkali-kali didera, mereka dilemparkan ke dalam penjara. Kepala penjara diperintahkan untuk menjaga mereka dengan sungguh-sungguh.

24. dengan perintah itu, kepala penjara memasukkan mereka ke ruang penjara yang paling tengah dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat.

25. Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.

26. Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua.

27. Ketika kepala penjara itu terjaga dari tidurnya dan melihat pintu-pintu penjara terbuka, ia menghunus pedangnya hendak membunuh diri, karena ia menyangka, bahwa orang-orang hukuman itu telah melarikan diri.

28. Tetapi Paulus berseru dengan suara nyaring, katanya: ”Jangan celakakan dirimu, sebab kami semuanya masih ada di sini!”

29. Kepala penjara itu menyuruh membawa suluh, lalu berlari masuk dan dengan gemetar tersungkurlah ia di depan Paulus dan Silas.

30. Ia mengantar mereka ke luar, sambil berkata: ”Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?”

31. Jawab mereka: ”Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.”

32. Lalu mereka memberitakan firman Tuhan kepadanya dan kepada semua orang yang ada di rumahnya.

33. Pada jam itu juga kepala penjara itu membawa mereka dan membasuh bilur mereka. Seketika itu juga ia dan keluarganya memberi diri dibaptis.

34. Lalu ia membawa mereka ke rumahnya dan menghidangkan makanan kepada mereka. Dan ia sangat bergembira, bahwa ia dan seisi rumahnya telah menjadi percaya kepada Allah.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 

Martin Luther mencetuskan prinsip reformasi gereja, yakni Sola Fide yang artinya keselamatan kita karena iman kepada Yesus Kristus. Iman memungkinkan kita untuk percaya kepada tindakan Allah yang menyelamatkan kita. Ibrani 11 : 1 menyatakan “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.”


Dalam perjalanannya sebagai Rasul, Paulus menghadapi tantangan yang demikian berat. Ia harus dipenjarakan di Filipi. Selama di dalam penjara, iman rasul Paulus tidak menjadi goyah. Pada tengah malam, Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji – pujian kepada Allah. Saat itu juga, Tuhan menyatakan keajaiban untuk Paulus dan Silas. Pintu penjara terbuka dan belenggu mereka terlepas. Bukan hanya terbebas dari penjara, kepala penjara pun akhirnya turut percaya kepada Yesus dan dibaptis, meskipun pada awalnya kepala penjara merasa ketakutan karena takut dihukum. Pada gilirannya, kepala penjara dan keluarganya dibaptis dan mereka sangat bersukacita menjadi pengikut Kristus.


Sobat teruna, tentu tidak mudah menjalani masa remaja. Kita diperhadapkan dengan berbagai macam tantangan, misalnya: bagaimana mendapatkan sahabat/teman yang baik, bagaimana mempersiapkan masa depan dengan baik, bagaimana agar hubungan dengan orang tua dan guru dapat terjalin baik. Semua tantangan itu akan dapat kita hadapi, asalkan kita mengandalkan Tuhan Yesus. Iman kita akan menolong kita menjawab setiap tantangan dan pergumulan. Mari menjadi teruna yang beriman teguh kepada Tuhan Yesus. Biarlah iman kita bertumbuh dengan tekun membaca Alkitab dan berdoa. Percayalah, iman kita menyelamatkan kita. Biarlah iman kita tetap kuat dalam menghadapi berbagai tantangan, karena Tuhan akan menyatakan pertolongan dan kuasa-Nya. MPB


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


“Ya Tuhan, tolonglah aku agar imanku semakin bertumbuh.”

Comments


bottom of page