INGATLAH SELALU TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KITA


Ezra 3: 6-7


6 Sejak hari pertama bulan yang ketujuh mereka mulai mempersembahkan korban bakaran kepada Tuhan, namun dasar Bait Suci Tuhan belum juga diletakkan. 7 Lalu mereka memberikan uang kepada tukang batu dan tukang kayu, sedang kepada orang Sidon dan Tirus makanan dan minuman dan minyak, supaya orang-orang itu membawa kayu aras dari Libanon sampai ke laut dekat Yafo, seperti yang telah diizinkan kepada mereka oleh Koresh, raja negeri Persia.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Tanggal 12 Maret merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat India. Pada hari itu Mohandas Gandhi memulai perlawanannya terhadap pemerintah kolonial Inggris yang melakukan monopoli penjualan garam dan memberlakukan pajak atas garam. Kebijakan ini sangat menyulitkan warga India, terutama bagi orang miskin. Gandhi sangat menentang kebijakan ini. Sebagai bentuk perlawanannya, pada tanggal 12 Maret 1930, ia bersama + 79 orang pengikutnya melakukan salt march sejauh 387 km dari tempat tinggalnya di Sabarmati Ashram menuju kota Dandi di pesisir Laut Arab. Ibarat sebutir garam yang dapat membuat perbedaan besar, demikian halnya salt march gagasan Gandhi yang telah menjadi titik balik dalam gerakan kemerdekaan India.


Sobat Teruna, sebagai seorang akitvis cinta damai, Gandhi selalu konsisten berjuang melawan penindasan dan ketidakadilan. Hal ini Gandhi lakukan karena dia sadar bahwa perjuangan melawan ketidakadilan adalah tugas dan tanggung jawabnya. Ia setia memikul tugas dan tanggung jawab ini sampai dengan akhir hayatnya. Belajar dari teladan Gandhi, setiap orang seharusnya memiliki kesadaran penuh tentang tugas dan tanggung jawabnya. Setiap orang seharusnya setia dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.


Sama halnya dengan Gandhi, Zerubabel dan orang Israel juga selalu mengingat tugas dan tanggung jawab mereka untuk membangun Bait Suci. Oleh karena itu, setelah mendirikan mezbah dan mempersembahkan korban kepada Tuhan, mereka segera mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk pembangunan Bait Suci.


Sobat Teruna, Gandhi, Zerubabel dan orang Israel memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Demikian pula kita yang hidup di masa kini. Ingatlah selalu tugas dan tanggung jawab kita. Jangan lalai, melainkan laksanakanlah itu dengan sukacita. Niscaya Tuhan memberkati kita. (SL)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan, aku bersyukur atas penyertaan-Mu dalam hidupku. Mohon tuntunlah aku dengan Roh Kudus agar selalu mengingat dan melaksanakan dengan baik segala tugas dan tanggung jawab yang Engkau percayakan kepadaku.