INI AKU, JANGAN TAKUT!


Yohanes 6: 16-21


16 Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu 17 dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 18 sedang laut bergelora karena angin kencang. 19 Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. 20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: ”Aku ini, jangan takut!” 21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Ada banyak hal yang dapat membuat seseorang takut. Salah satunya rasa takut saat berhadapan dengan yang lebih besar dari dirinya. Sobat Teruna, apakah kita ingat tentang kisah Daud dan Goliat? Daud mempunyai badan yang tidak sebesar Goliat. Daud hanya memakai ketapel, sedangkan Goliat menggunakan pedang. Saat berhadapan dengan Goliat, orang Israel tidak merasa yakin akan menang. Bukan demikian dengan Daud. Ia tidak merasa ketakutan. Kita semua tahu akhir dari kisah Daud melawan Goliat. Tuhan memberikan kemenangan kepada Daud.


Sobat Teruna, Yohanes menceritakan tentang kisah para murid yang berlayar melalui Danau Galilea. Para murid ketakutan karena berhadapan dengan tantangan yang besar, yaitu kegelapan dan badai. Namun demikian, Yesus datang untuk memberikan mereka keberanian. Yesus mengatakan kepada mereka untuk tidak takut. Tuhan Yesus juga mengatakan, ”Ini Aku” (ego eimi). Artinya, ketika Tuhan Yesus hadir (menyatakan diri-Nya), maka rasa takut pun lenyap.


Sobat Teruna, saat berada dalam ketakutan, orang cenderung berpikir bahwa dirinya sendirian. Hal ini bisa membuat rasa takut semakin menguasai seseorang. Sebagai manusia, wajar kalau kita memiliki perasaan takut. Namun demikian, sebagai pengikut Tuhan Yesus, jangan membiarkan rasa takut itu menguasai kita. Tuhan Yesus selalu ada menyertai kita dalam keadaan sulit apa pun. Ia tidak pernah meninggalkan orang-orang yang percaya kepada-Nya. Saat harus berbicara hal yang benar, jangan takut, karena Tuhan ada di pihak kita. Saat akan menghadapi ujian sekolah, kita belajar yang tekun dan jangan takut, karena Tuhan Sang Sumber Pengetahuan pasti menolong. Segala hal yang kita kerjakan dalam kehidupan ini tentu berhasil, jika hati dan pikiran terarah pada Tuhan Yesus. (BAI)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong ajarlah aku untuk selalu percaya kepada-Mu. Mohon kuatkanlah hatiku, saat merasa lemah dan tidak berdaya, ya Tuhan-ku.