top of page

JADILAH BERKAT: MENGAMPUNI



 

Matius 18:21-22

21 Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: ”Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?” 22 Yesus berkata kepadanya: ”Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Bersedia mengampuni, itulah perintah Tuhan Yesus kepada kita semua. Apakah Sobat Teruna pernah mengampuni teman yang bersalah? Atau membiarkan diri kita untuk tidak mengampuni? Ada banyak faktor yang membuat kita sulit mengampuni. Di antaranya, kita merasa tidak bersalah, merasa tidak wajar dan gengsi jika kita mengampuni tindakan kesalahan yang dilakukan orang lain, tidak mau menjadi yang pertama mengampuni, dsb.


Nats saat ini mengingatkan kita agar memberi pengampunan. Tuhan Yesus menyatakan mengampuni itu bukan tujuh kali tetapi tujuh puluh kali tujuh kali. Artinya mengampuni itu tidak ada batasnya. Jika ada perbuatan salah yang diperbuat orang lain, hendaklah kita mengampuninya. Tindakan ini tidak berarti kita menerima setiap kesalahan orang lain. Kita mengampuni karena Tuhan sendiri yang akan bertindak kepada orang-orang yang berbuat kesalahan. Kita diingatkan juga untuk tidak menjadi pendendam atas perbuatan salah orang lain. Karena itu segeralah mengampuni kesalahan orang lain sebelum matahari terbenam. Tuhan mau kita mengampuni orang lain. Dengan mengampuni maka Tuhan juga akan menyatakan pengampunan bagi kita.


Sobat Teruna, memang tidak mudah untuk mengampuni kesalahan orang lain. Namun mengampuni menjadi keharusan bagi kita. Tuhan Yesus telah mengampuni kita melalui kematian-Nya di kayu salib. Dengan demikian, kematian Kristus menjadikan diri kita sebagai pribadi yang mengampuni. Pribadi yang bersyukur atas kasih Allah yang telah terlebih dahulu mengampuni diri kita. Persoalannya bukan pada bisa tidaknya kita mengampuni orang lain, tetapi bersediakah kita mengampuni? Sobat Teruna, jadilah teruna yang membawa berkat lewat pengampunan bagi sesama. (LPH)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Kristus, ajar aku untuk mengampuni sebagaimana Engkau telah mengampuni kami lewat kematian-Mu.

Comments


bottom of page