JADILAH TELADAN BAGI SESAMA



2 Korintus 9 : 1-2

1 Tentang pelayanan kepada orang-orang kudus tidak perlu lagi aku menuliskannya kepada kamu. 2 Aku telah tahu kerelaan hatimu tentang mana aku megahkan kamu kepada orang-orang Makedonia. Kataku: ”Akhaya sudah siap sedia sejak tahun yang lampau.” Dan kegiatanmu telah menjadi perangsang bagi banyak orang.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


Sobat Teruna, Albert Einstein pernah berkata ”Hidup yang berharga adalah hidup yang dapat memberikan kehidupannya kepada orang lain.” Ungkapan tersebut dapat dipahami bahwa manusia dengan segala potensi dirinya dapat menghasilkan sesuatu yang baik. Kemudian ia menjadi inspirasi bagi sesama manusia.


Rasul Paulus dalam bacaan Alkitab pada hari ini memberikan pujian kepada jemaat di Korintus. Ia memuji segala kebaikan yang telah mereka lakukan, seperti melayani sesama dalam kehidupan persekutuan jemaat. Rasul Paulus juga mengatakan bahwa segala pekerjaan jemaat telah menjadi perangsang bagi banyak orang (ayat 2c). Apa artinya itu Sobat Teruna? Artinya bahwa kehidupan jemaat di Korintus tenyata telah menjadi inspirasi bagi banyak orang pada waktu itu.


Sobat Teruna, di dalam diri setiap manusia sudah diisi oleh Tuhan dengan karunia Roh dan potensi yang dapat dikembangkan. Semua hal itu dapat menjadikan manusia sebagai pribadi yang mempunyai nilai dalam hidupnya. Nilai dalam diri manusia dimunculkan oleh dirinya sendiri melalui pemikirannya, perkataannya dan perbuatannya. Karena itu dari hal sederhana yang baik yang manusia lakukan dapat berdampak bagi sesamanya bahkan bisa memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam hidup mereka.


Sobat Teruna, pengajaran sederhana yang didapatkan dari bacaan Alkitab hari ini adalah bahwa kita harus bersyukur atas segala potensi dalam diri. Potensi diri yang digunakan dan dikembangkan bisa bermanfaat untuk diri sendiri serta lingkungan bahkan menjadi inspirasi bagi teman-teman. Tuhan menghendaki Sobat Teruna dapat menjadi berkat bagi sesama. Misalnya melakukan banyak kebaikan dengan kerelaan hati, rajin beribadah kepada Tuhan dalam sikap hidup yang selalu bersyukur serta menjadi teladan bagi sesama demi kemuliaan Nama-Nya. (AMCRS)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong mampukan aku untuk dapat melakukan kebaikan dengan rela terhadap sesama dan menjadi teladan bagi orang lain di dunia ini.