JANGAN SERAKAH!



Ulangan 19 : 14

14 ”Janganlah menggeser batas tanah sesamamu yang telah ditetapkan oleh orang-orang dahulu di dalam milik pusaka yang akan kaumiliki di negeri yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu untuk menjadi milikmu.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


Sobat Teruna, pernahkah muncul keinginan dari dalam diri untuk mengambil barang milik orang lain? Mengapa keinginan itu muncul? Apakah karena barang itu sangat bagus atau lebih keren dari yang Sobat Teruna miliki? Apakah karena kita ingin memiliki barang lebih banyak? Menurut Sobat Teruna, itu baik atau berbahaya?


Dalam Ulangan 19:14 disebutkan larangan menggeser tanah. Batu dipakai untuk menandai batas tanah. Batu dipakai juga untuk membuktikan siapa pemilik tanah sebenarnya. Menggeser tanah, sama dengan merampas milik orang lain. Menggeser tanah untuk dapat lebih banyak menunjukkan keserakahan. Orang yang serakah tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. Menurut Mahatma Gandhi, “Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah.”


Sobat Teruna, keinginan yang selalu muncul untuk memiliki lebih banyak dari yang telah dimiliki disebut serakah. Keinginan tersebut harus dapat kita ‘padamkan’. Keserakahan hanya menyeret kita jadi pribadi yang rakus. Firman Tuhan dalam Keluaran 20:17 berkata, “Jangan mengingini rumah sesamamu, jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu.”


Mari memohon kuasa Roh Kudus untuk menolong ‘mengalahkan’ keinginan daging dalam diri kita. Puaslah dengan apa yang Sobat Teruna miliki. Kita tidak perlu merebut sesuatu yang bukan milik sendiri. Perasaan memiliki dan tidak memiliki memang selalu mengganggu kita. Oleh karena itu, yuk kita isi diri kita dengan bersyukur kepada Tuhan. Ada banyak hal yang bisa kita syukuri bila mencoba menghitung berkat Tuhan dalam hidup ini. Khususnya di masa pandemi Covid-19 ini, Tuhan masih menyediakan apa yang kita perlukan. (MMMG)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong ajarkan aku untuk tidak serakah. Aku tahu bahwa seringkali keinginan untuk memiliki yang dimiliki orang lain itu begitu menggoda. Ya Roh Kudus, mohon tuntunlah aku agar dapat mengendalikan keinginan hatiku.