top of page

"JANGAN SESAT"





 


2 Tesalonika 2 : 3 - 4


3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, 4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Zaman sekarang banyak sosial media yang digunakan untuk mengekspresikan diri dan mengasah kreatifitas, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Sosial media seperti facebook, Instagram, Twittwe bahkan Tiktok menjadi aplikasi yang paling banyak di download. Pengunaan sosial media yang baik dan benar juga semakin gencar diberitakan. Dimasa-masa pandemi selama dua tahun, kegiatan belajar mengajar difasilitasi dengan menggunakan media online. Penggunaan sosial media ternyata juga memiliki dampak negatif terhadap pola kehidupan. Mata akan menjadi cepat lelah karena melihat layar lebih dari 8 jam. Punggung terasa sakit karena duduk untuk mengikuti sekolah online lebih dari 4 jam. Sosial media juga terkadang harus dibatasi, karena banyak konten yang belum sesuai dengan usia.


Rasul Paulus dalam suratnya juga memberikan nasihat agar tidak memberi diri untuk di sesatkan dengan cara apapun juga (ayat3). Jemaat di Tesalonika diharapkan dapat menjaga iman dan kekudusan mereka kepada Tuhan. Paulus juga berharap, mereka tidak tergoda oleh ajaran-ajaran yang menyesatkan. Penggunaan sosial media terkadang bisa menjadi hal yang menyesatkan jika tidak dimanfaatkan dengan baik dan benar, sehingga bisa terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik. Dengan demikian, diperlukan kemampuan mengontrol diri sendiri sebagaimana yang telas Paulus nyatakan (ayat3).


Sobat teruna, teruslah beriman teguh dan menjaga kekudusan hidup agar dapat menghindari hal-hal yang tidak berkenan bagi Tuhan. Mari, berjuanglah untuk selalu menjadi teladan bagi lingkungan sekitar. Lawanlah setiap godaan yang hendak membawamu ke arah yang sesat, karena itu akan menghancurkan hidupmu.



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

"Terima kasih Tuhan, untuk setiap penyertaanMu, sehingga kau terus menjaga iman dengan baik dan hidup berkenan di hadapanMu"




Comments


bottom of page