top of page

JANGAN SIA-SIAKAN IMAN KRISTENMU!



 

Ibrani 1 : 1 - 4


1 Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.



Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 


Tahukah Sobat Teruna, menurut catatan peringkat dunia yang digagas oleh Guiness (Guiness World Records) Alkitab adalah buku terlaris sepanjang masa? Bahkan, berdasarkan riset British & Foreign Bible Society tahun 2021, jumlah total Alkitab cetak di dunia adalah antara 5-7 milyar. Sepanjang abad-2, setiap tahunnya Alkitab dicetak sebanyak 80 juta kopi.


Seiring canggihnya zaman, teknologi menawarkan kepraktisan kepada kita salah satunya dengan Alkitab digital. Pasti Sobat Teruna punya aplikasi Alkitab di smartphone, bahkan ada versi gabungan dengan Kidung Jemaat dan Gita Bakti. Saya sendiri menggunakan The Bible You Version, yang menyediakanterjemahan Alkitab dalam berbagai bahasa.


Bermula dari cerita lisan turun-temurun bangsa Israel, hingga gulungan kitab dalam bahasa Yunani, lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pertama kali oleh William Tyndale lalu divalidasi oleh pemerintahan Raja James 1: Alkitab telah melalui berbagai rintangan dan perjalanan panjang hingga sampai di tangan kita. Namun, Firman Tuhan tak pernah lekang oleh zaman. Firman Tuhan selalu relevan disegala masa, seperti yang dikatakan Rasul Paulus dalam 2 Timotius 3:16-17. Alkitab pun menjadi salah satu instrumen sejarah serta bukti konkret umat Kristiani bahwa iman kita terhadap Yesus Sang Juruselamat tidak sia-sia (ay.3).


Kita patut bersyukur karena mendapat kesempatan untuk memiliki Alkitab baik cetak maupun digital. Di berbagai negara, masih terdapat larangan terhadap penyebaran Alkitab, sehingga para pejuang Kristen harus secara sembunyi-sembunyi membagikan, memperbanyak dan melakukan berbagai cara agar Injil Kristus tersebar hingga ke ujung dunia. Di penghujung renungan ini, mari kita doakan kehadiran Alkitab di tengah bangsa-bangsa di dunia yang rindu mendengar Firman Tuhan. Jangan sia-siakan iman kita! GAM/Is




 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Doa: Tuhan Yesus aku bersyukur untuk kesempatan memiliki Alkitab dengan bebas selama aku hidup. Ajarku untuk tidak menyia-nyiakan firman-Mu yang tertulis di dalamnya. Aku pun berdoa bagi saudara Kristiani di luar sana yang tidak memiliki Alkitab namun tetap rindu mendengar firmanMu. Kuatkan iman mereka dan berikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan Alkitab. Terima kasih Tuhan. Amin

bottom of page