JANGAN TAKUT DAN CEMAS



2 Korintus 2 : 12-13

12 Ketika aku tiba di Troas untuk memberitakan Injil Kristus, aku dapati, bahwa Tuhan telah membuka jalan untuk pekerjaan di sana. 13 Tetapi hatiku tidak merasa tenang, karena aku tidak menjumpai saudaraku Titus. Sebab itu aku minta diri dan berangkat ke Makedonia.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


Sobat Teruna, kita semua pasti pernah menunggu. Bagi sebagian orang, menunggu adalah sebuah pekerjaan yang membosankan. Namun sebenarnya menunggu tidak selalu membosankan jika kita bisa mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan positif, bukan?


Rasul Paulus baru saja tiba di Troas karena Tuhan mengutusnya untuk menjalankan pekerjaan di sana. Hanya saja sesaat ia datang di Troas, kemudian sudah meninggalkan tempat itu. Kekuatiran Rasul Paulus akan keadaan jemaat di Korintus dan penantian akan Titus membuatnya gelisah dan tidak dapat berlama-lama di Troas. Ia lalu memohon diri untuk pergi menunju Makedonia, betapa pun ada ladang yang berbuah lebat dan siap dituai di Troas.


Dalam bacaan Alkitab saat ini, ada dua hal yang terjadi yaitu kecemasan dan kelegaan yang dialami oleh Rasul Paulus. Paulus lega karena Tuhan telah membuka jalan untuk pekerjaan pemberitaan Injil di Troas. Namun ia mencemaskan rekan sepelayanannya dan keadaan jemaat yang lain yang juga dilayaninya. Ia bergegas pergi menuju Makedonia untuk memastikan keadaan di sana, khususnya kondisi Titus rekan sepelayanannya.


Sobat Teruna, jiwa kepemimpinan Rasul Paulus patut kita teladani. Ketika Tuhan memberikannya keberhasilan dalam pelayanan, ia tidak lupa untuk memerhatikan keadaan ladang pelayanan yang lain maupun rekan sepelayanannya. Tentu kita mempunyai tanggung jawab masing-masing, baik di dalam keluarga, pendidikan, maupun jemaat. Walaupun demikian, pada masa pandemi ini kita jangan lupa mengingat dan menolong saudara-saudara yang dalam kesulitan. Situasi sekarang ini mungkin menimbulkan ketakutan dan kecemasan bagi kita semua. Satu hal yang pasti bahwa Tuhan senantiasa menyertai dan memperlengkapi kita untuk suatu tugas yang dipercayakan-Nya. Jadi jangan takut dan cemas! (AMCRS)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku ingin menjadi teruna yang berdaya dan berguna dalam pelayanan yang memuliakan nama-Mu. Tolonglah aku ya Tuhan dalam mengatasi rasa cemas dan takut.