top of page

JEJAK YANG BENAR



 

2 Tawarikh 17:1-6

1 Maka Yosafat, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. Sebagai pemimpin Israel ia memperkuat dirinya 2 dengan menempatkan tentara di semua kota yang berkubu di Yehuda dan pasukan-pasukan pendudukan di tanah Yehuda serta di kota-kota Efraim yang direbut oleh Asa, ayahnya. 3 Dan Tuhan menyertai Yosafat, karena ia hidup mengikuti jejak yang dahulu dari Daud, bapa leluhurnya, dan tidak mencari Baal-baal, 4 melainkan mencari Allah ayahnya. Ia hidup menurut perintah-perintah-Nya dan tidak berbuat seperti Israel. 5 Oleh sebab itu Tuhanmengokohkan kerajaan yang ada di bawah kekuasaannya. Seluruh Yehuda memberikan persembahan kepada Yosafat, sehingga ia menjadi kaya dan sangat terhormat. 6 Dengan tabah hati ia hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan. Pula ia menjauhkan dari Yehuda segala bukit pengorbanan dan tiang berhala.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Setiap orang pasti ingin sukses. Untuk meraih suatu kesuksesan diperlukan banyak langkah seperti doa dan usaha. Yosafat menjadi Raja Israel Selatan menggantikan ayahnya Asa. Pada awal pemerintahannya, Yosafat memperkuat kota-kota yang ada di wilayahnya dengan menempatkan pasukan-pasukan. Hal itu dilakukannya untuk memberi rasa aman bagi penduduk di wilayah kerajaannya. Namun hal yang sangat menonjol dan bisa dikatakan kunci dari kesuksesan Yosafat sebagai raja adalah ia mengambil keputusan untuk mengikuti jejak Raja Daud leluhurnya. Daud adalah Raja Israel yang sukses. Ia mampu membawa Israel sebagai kerajaan yang besar, aman dan damai sejahtera. Semua kesuksesan Daud terjadi karena ia tidak sombong tetapi selalu mengandalkan TUHAN. Dalam setiap perkara atau rencana, Daud selalu datang kepada TUHAN, mendengar perintah TUHAN dengan sepenuh hati. Keberhasilan Daud sebagai raja menginspirasi Yosafat sehingga ia berketetapan hati untuk mengikuti jejak langkah dan perbuatan yang menjadi teladan dari Daud. Yosafat selama menjadi raja selalu mencari Allah, hidup menurut perintah dan jalan yang ditunjukkan Allah serta menyingkirkan semua tempat-tempat penyembahan kepada berhala. TUHAN memberkati Yosafat dengan kekayaan dan kehormatan.


Sobat Teruna, apa yang telah dilakukan Yosafat ini sangat menginspirasi kita semua. Terutama keputusan Yosafat untuk mengikuti jejak leluhurnya Daud. Untuk meraih sukses memang diperlukan usaha yang tidak mengenal kata menyerah. Selain itu kita juga perlu belajar dari keberhasilan orang-orang yang telah sukses. Mungkin saja orang yang dimaksud berasal dari keluarga kita sendiri seperti opa, oma, paman, ayah dan ibu. Ingatlah untuk tidak mengikuti jejak yang salah tetapi jejak yang benar yaitu setia mencari Allah, mendengar dan menuruti perintah-Nya. (MI)



 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna:


Ya Tuhan, kuasailah aku dengan Roh-Mu agar mampu mengikuti kehendak-Mu.

Comentários


bottom of page