top of page

Joyfull






YEREMIA 33 : 1 – 9


1 Datanglah firman TUHAN untuk kedua kalinya kepada Yeremia, ketika ia masih terkurung di pelataran penjagaan itu, bunyinya: 2 "Beginilah firman TUHAN, yang telah menjadikan bumi dengan membentuknya dan menegakkannya -TUHAN ialah nama-Nya- : 3 Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui. 4 Sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel, mengenai rumah-rumah di kota ini dan mengenai gedung-gedung istana raja Yehuda yang dirobohkan untuk dipakai terhadap tembok-tembok pengepungan dan pedang: 5 Orang akan masuk pertempuran melawan orang-orang Kasdim dan kota ini akan penuh dengan bangkai-bangkai manusia yang telah Kupukul mati karena murka-Ku dan kehangatan amarah-Ku, sebab Aku telah menyembunyikan wajah-Ku dari kota ini oleh karena segala kejahatan mereka. 6 Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan kepada mereka kesehatan dan kesembuhan, dan Aku akan menyembuhkan mereka dan akan menyingkapkan kepada mereka kesejahteraanr dan keamanan yang berlimpah-limpah. 7 Aku akan memulihkan keadaan Yehuda dan Israel dan akan membangun mereka seperti dahulu: 8 Aku akan mentahirkan mereka dari segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa terhadap Aku, dan Aku akan mengampuni segala kesalahan yang mereka lakukan dengan berdosa dan dengan memberontak terhadap Aku. 9 Dan kota ini akan menjadi pokok kegirangan: ternama, terpuji dan terhormat bagi-Ku di depan segala bangsa di bumi yang telah mendengar tentang segala kebajikan yang Kulakukan kepadanya; mereka akan terkejut dan gemetar karena segala kebajikan dan segala kesejahteraan yang Kulakukan kepadanya.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Sobat Teruna, apa kabar saat ini? Kiranya Tuhan memberkati sobat teruna dengan kegembiraan. Kegembiraan adalah suasana hati yang bersukacita. Penyebabnya bisa beragam. Bisa dari diri sendiri yang bersyukur atas kebaikan Tuhan. Bisa juga datang dari luar diri kita, seperti keluarga, sahabat, hobby, keberhasilan, dll. Yang pasti, kegembiraan itu menunjukan hati kita sedang bahagia. Seperti lagu


"Hati yang gembira adalah obat, seperti obat hati yang senang, Tapi semangat yang patah keringkan tulang, gembira, Tuhan senang."


Sobat Teruna, Kitab Yeremia 33:1-9 menjelaskan bahwa Tuhan menjadikan bangsa Israel sebagai pokok kegembiraan/kegirangan (ayat 9). Setelah rumah penduduk dan istana raja Yehuda dirobohkan, Tuhan menghukum Israel. Kemudian penghukuman diubah Tuhan menjadi kegirangan (ayat 4-8). Tuhan mendatangkan kesehatan dan kesembuhan, juga kesejahteraan dan keamanan. Ayat 3 merupakan ajakan untuk berseru kepada Tuhan. Tuhan akan menjawab serta memberitahukan hal-hal yang besar dan tidak terpahami yaitu hal-hal yang tidak kau ketahui. Tuhan memberitahukan rencana damai sejahtera bagi umat pilihanNya.


Sobat Teruna, seringkali cara kita mempergunakan media sosial dapat membawa kegembiraan ataupun kesedihan. Melalui media sosial, kita mudah mengakses banyak hal yang dapat memperkaya atau merusak diri. Kita harus selektif. Kita bisa mendapat banyak teman, tapi hal itu dapat menjadi berkat atau bisa juga bencana, tergantung pada sikap kita. Bahkan tidak sedikit para teruna yang mengalami mental illness karena salah mempergunakan media sosial. Mereka kehilangan kegembiraan. Kegembiraan kita tidak tergantung pada dunia media sosial, tetapi pada kedekatan kita dengan Tuhan. Karena itu, tekunlah berdoa, membaca Alkitab dan beribadah supaya kita dijadikan sebagai pokok kegembiraan oleh Tuhan. (CIYS/ak)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, jadikan aku sebagai pokok kegembiraan. Mampukanlah aku untuk selalu berseru kepdaMu, supaya Tuhan memberitahukan kepadaku hal-hal yang besar dan tidak terpahami yaitu rencana damai sejahtera dari Tuhan yang membawa kegembiraan bagi hidupku.








コメント


bottom of page