top of page

JULUKAN, NO BULLYING!


 

Kejadian 41 : 45

45 Lalu Firaun menamai Yusuf: Zafnat-Paaneah, serta memberikan Asnat, anak Potifera, imam di On, kepadanya menjadi isterinya. Demikianlah Yusuf muncul sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir.

Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974,2018.

 


Jo si Cerdas” dan “Glo si Rajin” merupakan nama julukan! Dalam KBBI V, julukan bisa berarti positif dan negatif. Pertama, julukan adalah nama yang diberikan sehubungan dengan keistimewaan seseorang ataupun suatu tempat. Kedua, julukan adalah nama sindiran atau ejekan. Menurut Sobat Teruna, julukan itu perlu atau tidak?


Firaun memberikan Yusuf nama Zafnat-Paaneah, yang berarti “orang yang mengungkapkan misteri” (jewishencyclopedia.com). Nama itu membuat semua orang di Mesir menghormati Yusuf sebab Firaun sendiri yang mengatakannya. Nampaknya Firaun sungguh-sungguh terkesan dengan kepandaian dan kebaikan yang dimiliki Yusuf. Yusuf dilantik oleh Firaun dan berkuasa di Mesir. Meskipun Yusuf yang mengungkapkan arti mimpi Firaun, kita tetap harus mengakui bahwa semua hikmat yang dimilikinya berasal dari Allah.


Sobat Teruna, dalam pergaulan sehari-hari kita kadang kala memberikan nama atau julukan pada kawan. Ada julukan yang baik dan merupakan pujian. Namun, ada juga julukan yang menyakiti hati kawan karena itu merupakan ejekan. Sebagai teruna yang baik, kita diminta untuk menjadi sahabat bagi semua orang. Dengan saling mendukung dan memberikan semangat yang positif bagi kawan atau orang yang dijumpai, maka kita menjadi teruna yang dicintai oleh Allah.

Sobat Teruna yang baik, alangkah indahnya jika hari-hari kita diisi dengan ucapan-ucapan yang positif. Marilah menjadi teruna yang tidak menyakiti hati sesama dengan kata-kata ejekan maupun sindiran. Sadarlah bahwa hal itu bisa membuat kawan kita menjadi minder, tidak percaya diri, sedih, dll. Sebaliknya, dari setiap ucapan kita, biarlah orang lain merasa dikasihi dan dihargai. Ingatlah bahwa setiap kata yang kita ucapkan kelak harus dipertanggungjawabkan kepada Allah. Let’s say no to bullying! (YR)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan, mohon ampunilah aku saat ada ucapanku yang melukai hati sesama. Mohon mampukan aku untuk terus berkata baik kepada semua orang.







Comments


bottom of page