top of page

JUSTICE LEAGUE



 

Mikha 3 : 1-4

1 Kataku: Baiklah dengar, hai para kepala di Yakub,

dan hai para pemimpin kaum Israel!

Bukankah selayaknya kamu mengetahui keadilan,

2 hai kamu yang membenci kebaikan dan yang mencintai kejahatan?

Mereka merobek kulit dari tubuh bangsaku

dan daging dari tulang-tulangnya;

3 mereka memakan daging bangsaku,

dan mengupas kulit dari tubuhnya;

mereka meremukkan tulang-tulangnya,

dan mencincangnya seperti daging dalam kuali,

seperti potongan-potongan daging di dalam belanga.

4 Mereka sendirilah nanti akan berseru-seru kepada Tuhan,

tetapi Ia tidak akan menjawab mereka;

Ia akan menyembunyikan wajah-Nya terhadap mereka pada waktu itu,

sebab jahat perbuatan-perbuatan mereka.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.

 


Dalam acara debat calon presiden dan wakil pesiden Indonesia beberapa tahun lalu, para calon menyampaikan beragam program dan gagasan. Dari sekian banyak program yang digaungkan, mereka mempunyai kesamaan misi & motivasi yang mulia, yaitu membawa Indonesia menuju bangsa yang sejahtera adil & makmur. Kemakmuran suatu bangsa tidak dapat dicapai jika nilai-nilai keadilan tidak diterapkan dengan baik di tengah kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, seorang pemimpin bangsa sudah selayaknya berjuang untuk menegakkan nilai-nilai tersebut.


Tidak demikian halnya dengan pemimpin kaum Israel yang diceritakan dalam bacaan kita hari ini. Mereka seharusnya adalah orang-orang yang paling mengetahui keadilan (ayat 1). Namun yang terjadi adalah justru kejahatanlah yang mereka cintai daripada kebaikan (ayat 2). Pemimpin seperti inilah yang akan merusak tatanan kehidupan bangsa (ayat 3). Tuhan tentuya tidak berkenan dengan orang-orang seperti ini (ayat 4).


Sobat Teruna, kita dituntut untuk membawa bangsa ini kepada perubahan yang lebih baik. Itu tidak akan pernah terjadi jika para pemimpin bangsa tidak mempunyai motivasi yang kuat untuk memperjuangkan keadilan. Bayangkan jika generasi muda calon pemimpin bangsa membentuk suatu “liga keadilan” (justice league) yang selalu berjuang menempatkan kebenaran dan keadilan sebagai hal yang hakiki di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Tentu, Indonesia yang adil dan makmur dapat sungguh-sungguh terwujud.


Justice League di sini bukan seperti paguyuban yang dibentuk oleh Batman, Superman, dkk. yang digambarkan di dalam film layar lebar Hollywood. Justice League yang dimaksud adalah kumpulan anak-anak yang takut akan Tuhan, yang ingin menyenangkan hati-Nya. Justice League yang mewujud dalam perbuatan kebajikan yang dilakukan terhadap sesama kapan pun dan di mana pun. (VS)


 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong aku untuk dapat menjadi duta keadilan di setiap keadaan.





Comments


bottom of page