KASIH YANG MENGAMPUNI


Hosea 2 : 18-22


18 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang. 19 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal Tuhan. 20 Maka pada waktu itu, demikianlah firman Tuhan, Aku akan mendengarkan langit, dan langit akan mendengarkan bumi. 21 Bumi akan mendengarkan gandum, anggur dan minyak, dan mereka ini akan mendengarkan Yizreel. 22 Aku akan menaburkan dia bagi-Ku di bumi, dan akan menyayangi Lo-Ruhama, dan Aku berkata kepada Lo-Ami: Umat-Ku engkau! dan ia akan berkata: Allahku!”


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Pengampunan adalah suatu anugerah. Orang yang diampuni kesalahannya akan merasa lega dan bersukacita karena terbebas dari hukuman. Oleh karena itu, bersyukur adalah respons positif atas pengampunan yang dialami. Sobat Teruna, pernahkah menerima pengampunan atas kesalahan yang telah dilakukan, mungkin dari orang tua, saudara atau teman?


Dalam bacaan Alkitab saat ini, Tuhan melakukan tindakan pengampunan bagi bangsa Israel yang telah berkhianat kepada-Nya. Dalam pengampunan-Nya, Tuhan memandang Israel bukan lagi sebagai perempuan sundal atau pelacur, tetapi sebagai istri yang sah. Itu berlaku untuk selama-lamanya. Tuhan juga akan menjadikan Israel sebagai istri yang dilindungi, diselamatkan, disayangi. Tuhan akan tetap setia kepada bangsa ini. Sebagai istri, Israel dapat mengandalkan Tuhan dalam kehidupan mereka. Semua tindakan Tuhan ini akan membuat Israel semakin mengenal dan memiliki persekutuan yang erat dengan-Nya. Tuhan bukan saja kembali mengasihi dan melindungi bangsa Israel, tapi Dia juga memberkati mereka di bidang material. Tuhan akan mendengarkan semua keluhan dan penderitaan umat-Nya. Tuhan akan memberikan hujan yang berdampak bagi kesuburan tanah. Lalu tanah akan menghasilkan tumbuh-tumbuhan seperti gandum, anggur dan minyak. Semua ini mejadi berkat Tuhan bagi umat-Nya. Hukuman Tuhan kepada umat-Nya ditarik kembali. Tuhan akan kembali menyayangi bangsa Israel dan menjadikan mereka umat-Nya. Semua kesalahan bangsa Israel diampuni-Nya.


Sobat Teruna, kita patut bersyukur mempunyai Tuhan yang sangat penyanyang. Ia sangat mengerti dan mau mengampuni semua kesalahan kita. Mari kita bertobat, mengakui kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan kepada-Nya dan sesama serta alam ciptaan-Nya. Mari kita berjanji untuk tidak mengulang lagi kesalahan kita. Dalam kasih dan pengampunan-Nya, Ia kembali menjadikan kita anak-anak kesayangan-Nya. (EPSPM)




Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan, terimakasih untuk kasih sayang-Mu dalam hidupku, yang telah mengampuni dosa-dosaku dan memulihkan hidupku.