KATAKAN “TIDAK!” UNTUK DOSA


Yesaya 59 : 1-2


1 Sesungguhnya, tangan Tuhan tidak kurang panjang untuk menyelamatkan,

dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; 2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, mari bernyanyi: “Mata Tuhan melihat apa yang kita perbuat, buat yang baik, buat yang jahat. Oleh sebab itulah jangan berbuat jahat. Ingat, Tuhan melihat!” Apakah Sobat Teruna pernah mendengar lagu ini? Lagu rohani anak-anak ini mau mengingatkan bahwa Tuhan melihat segala yang kita perbuat. Jadi jangan berbuat dosa.


Perikop bacaan saat ini adalah jawaban dari pasal 58:3. Umat berpuasa, supaya Tuhan berkenan memuaskan keinginan mereka. Ternyata Tuhan tetap tidak mengindahkan mereka. Tuhan melihat apa yang dilakukan umat-Nya bahkan sampai ke hati dan pikiran mereka, apalagi ketika beribadah. Mereka sungguh-sungguh melakukan dosa kepada Tuhan dalam hidup bersama dengan sesama. Sebenarnya Tuhan sanggup untuk menyelamatkan dan mendengarkan seruan umat-Nya, namun Dia melihat mereka sungguh-sungguh hidup dalam dosa. Itulah yang membuat Tuhan tidak bertindak atas seruan umat-Nya. Dosa atau kejahatan yang dilakukan umat menjadi penghalang berkat Tuhan bagi mereka. Karena itu umat harus bertobat, yaitu hidup dalam jalan kebenaran, tidak melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Dengan demikian, Tuhan berkenan menjumpai umat-Nya dan menyelamatkan mereka.


Sobat Teruna, kita adalah manusia yang mudah tergoda melakukan dosa. Tuhan meminta kita untuk berusaha hidup dalam kebenaran atau meninggalkan dosa. Dosa hanya menjadi pemisah kita dari Tuhan. Terpisah dengan manusia yang kita kasihi saja tidak enak. Apalagi terpisah dari Tuhan yang mengasihi kita lebih dari apa pun. Tuhan telah menyelamatkan kita dari kuasa dosa oleh pengorbanan Yesus Kristus. Mari senantiasa memohon bimbingan Roh Kudus agar kita dikuatkan menghadapi godaan dosa dan hidup kudus. So, katakan “tidak” untuk dosa atau tindakan yang melanggar Firman Tuhan, ya! (EP)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus tolong mampukan aku oleh bimbingan kuasa Roh Kudus untuk berusaha hidup berkenan di hadapan-Mu, agar tidak terpisah dari-Mu.