KEADILAN = BERANI DAN PEDULI



Mazmur 103 : 6-7

6 Tuhan menjalankan keadilan

dan hukum bagi segala orang yang diperas.

7 Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa,

perbuatan-perbuatan-Nya kepada orang Israel.


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


Apakah Sobat Teruna pernah melihat teman sekolah atau kawan bermain mengalami perundungan ataupun bullying? Atau apakah Sobat Teruna sendiri pernah mengalami perundungan tersebut? Jika demikian, apa yang harus dilakukan? Membiarkan saja peristiwa itu terjadi atau memberanikan diri untuk menyampaikannya kepada orang tua dan guru?


Tuhan dikenal sebagai pembela atas Israel. Tindakan keadilan Tuhan dikenal dalam suatu peristiwa pembebasan Israel dari penindasan di Mesir. Tuhan tidak hanya menghentikan kekerasan dan menyelamatkan Israel dari penindasan, tetapi juga menyatakan jalan atau kehendak-Nya melalui Musa. Dengan mengingat kembali karya Tuhan melalui Nabi Musa, pemazmur mengajak bangsa Israel untuk terus menaikkan pujian kepada-Nya, serta selalu mengingat jalan, ketetapan dan hukum-Nya. Sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan, bangsa Israel juga harus berlaku adil dan memperjuangkan keadilan bagi sesamanya.


Sobat Teruna, dalam Kristus, keadilan dan kasih Tuhan itu diberikan kepada kita. Melalui pengurbanan Yesus Kristus, kita diberikan pengampunan dosa dan dibebaskan dari hukuman. Selain itu, Tuhan yang membela kita juga menunjukkan jalan dan ketetapan-Nya di dalam Kristus. Kristus-lah Raja yang memimpin hidup kita untuk terus berpengharapan. Oleh karena itu, sebagai ungkapan syukur, kehidupan kita pun harus mewartakan keadilan Tuhan. Misalnya, kita menunjukkan sikap peduli terhadap sesama yang menderita mulai dari lingkungan pertemanan. Kita tidak membeda-bedakan teman dalam bersahabat. Kita membela teman yang mengalami perundungan ataupun bullying dengan menyampaikannya kepada orang tua dan guru. Kepedulian Sobat Teruna terhadap teman yang mengalami perundungan merupakan upaya pewartaan kabar keselamatan Yesus Kristus. Walaupun memperjuangkan keadilan bagi sesama bukan tanpa risiko, tetapi kita harus mengusahakannya dengan memohon hikmat dan perlindungan Tuhan Yesus. (DAB)


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan Yesus, mohon berikanlah aku keberanian dan perlindungan untuk memperjuangkan keadilan bagi teman yang mengalami perundungan.