KEHIDUPANMU ADALAH KESAKSIANMU


Yohanes 1: 5-9

5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. 6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; 7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. 8 Ia bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu. 9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia



Banyak orang ingin diakui hebat, top, dihormati dan dihargai. Pokoknya mau diagung-agungkan. Karena itu, ada saja perbuatan-perbuatan “aneh” dari orang tersebut agar dia menjadi viral. Memang dipuji dan dijunjung tinggi karena suatu prestasi memberi kebahagiaan serta kebanggaan tersendiri. Namun demikian, janganlah kita menjadi sombong dan lupa diri.

Siapakah yang tak kenal Yohanes Pembaptis pada waktu itu? Bak selebriti, Yohanes cukup dikagumi banyak orang karena keberaniannya menyerukan firman Allah. Penampilannya unik (baca Mat. 3:4). Kehebatan Yohanes bukan hanya pada keberanian atau gaya hidupnya, tetapi juga kerendahan hatinya. Saat itu banyak orang Yahudi mengira bahwa ia adalah Elia atau Mesias atau pun seorang nabi besar yang dijanjikan Musa. Lalu dengan tegas ia menyatakan bahwa dirinya bukan Elia, apalagi Mesias. Ia hanyalah suara yang berseru-seru di padang gurun, “Luruskan jalan bagi Tuhan.” Yohanes sedang bersaksi tentang Yesus (ay.1:15).


Sobat Teruna, ada saja anggapan remaja Kristen bahwa berbuat baik dan benar seolah-olah tidak menjadi sesuatu yang berguna, apalagi membanggakan. Karena penghargaan yang diberikan untuk tindakan itu hanyalah ucapan terima kasih saja. Anggapan itu tidaklah benar dan tak tepat. Untuk membuktikan bahwa kita adalah milik Kristus, tidak perlu melakukan hal-hal yang sensasional. Yang perlu adalah bagaimana setiap saat kita dapat melakukan hal-hal yang baik dan benar, seperti; berkata jujur, tidak menyia-nyakan waktu dan berusaha belajar ilmu pengetahuan dengan giat. Nah, melalui perbuatan yang seperti itu setiap saat, kita sudah memberi kesaksian yang baik bagi Tuhan Yesus sebagaimana yang dilakukan Yohanes Pembaptis. Ayo bersaksi tentang Kristus melalui kehidupan yang baik dan benar setiap hari. (JYK)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong mampukan aku melakukan hal yang baik dan benar setiap hari sebagai kesaksian hidupku demi memuliakan-Mu.