top of page

Kekuatan Iman yang Mengalahkan








 

1 Yohanes 5 : 1 - 5


1 Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya. 2 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. 3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, 4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. 5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Perang identik dengan menang atau kalah, bukankah begitu Sobat Teruna? Bukankah kita juga akan kesal atau marah menghadapi ejekan atau hinaan dari teman? Apa hubungan dari dua pertanyaan di atas buat Sobat Teruna?


Firman Tuhan hari ini kembali mau mengingatkan bahwa dalam kehidupan ada hal-hal yang harus dihadapi seperti layaknya berperang. Seperti melawan keinginan yang akan mejerumuskan, tentunya bertentangan dengan perintah Allah, yang membuat sobat teruna terjerumus ke dalam dosa.


Keinginan-keinginan tersebut contohnya: suka menghina sesama, egois, mementingkan diri sendiri, tidak suka membantu orang tua dan masih banyak lagi. Kalau dibiarkan akan semakin berakar dan membuat hubungan dengan Yesus Kristus semakin jauh. Apakah sobat Teruna mau hidup seperti itu? Tentunya tidak mau!


Ada hal yang perlu diingat oleh sobat Teruna yang juga disampaikan dalam bacaan ini, ayat 1 mengingatkan bahwa setiap kita yang percaya kepada Kristus Yesus, maka ia lahir dari Allah. Dan tandanya ialah dengan saling mengasihi sesama manusia dan Allah serta menuruti segala perintah-Nya. Jadi jika kita taat dan mengasihi Allah, maka dengan sukacita kita akan melakukan perintah-Nya dan menuruti Firman-Nya.


Kalau saja sobat teruna melakukan apa yang telah Tuhan perintahkan, maka dunia dapat dikalahkan. Dengan iman kita akan mengalahkan dunia. Iman itu adalah suatu senjata untuk mengalahkan dunia ini. Oleh karena itu sobat teruna, ayo kita bangun kembali hubungan erat dengan Yesus Kristus, agar sobat teruna beriman teguh dan hidup sesuai dengan kehendak Allah. (CGM/sh)

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolonglah kami anak-anak-Mu, jauhkanlah kami dari hal-hal yang bisa memberi kami menjadi semakin jauh dari-Mu, ya Tuhan. Berkati hidup dan langkah kami, ya Tuhan.

Yorumlar


bottom of page