top of page

KEPALA BATU





 


1 Samuel 8 : 19 - 20


19 Tetapi bangsa itu menolak mendengarkan perkataan Samuel dan mereka berkata: ”Tidak, harus ada raja atas kami; 20 maka kami pun akan sama seperti segala bangsa-bangsa lain; raja kami akan menghakimi kami dan memimpin kami dalam perang.”


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Kepala Batu adalah ungkapan dalam bahasa atau dialeg Ambon yang artinya keras kepala. Dalam KBBI, keras kepala artinya tidak mau menurut pada nasihat orang, tegar tengkuk. Orang yang keras kepala biasanya tidak menghiraukan peringatan dan nasihat yang diberikan bagi mereka, baik dari orang tua, saudara dan sahabat.


Sobat Teruna, nama lain keras kepala adalah tegar tengkuk. Kata ini merupakan salah satu sifat bangsa Israel, sifat yang sering mereka tunjukkan ketika berhadapan dengan nabi-nabi utusan Alah bahkan Tuhan Allah sendiri. Berbagai cara Tuhan Allah telah lakukan untuk memperingatkan umat-Nya atas bahaya dan konsekuensi akan mereka hadapi apabila mereka memilih untuk menuruti keinginan mereka dibanding keinginan Tuhan yang adalah pemimpin mereka. Namun, mereka tetap menolak peringatan Allah yang diberikan oleh nabi Samuel dengan tetap bersikeras berkata "harus ada raja atas kami".


Keras kepala terkadang menjadi bagian dari diri kita sebagai seorang remaja yang berada dalam proses pencarian jati diri. Melalui bacaan hari ini, sobat teruna diingatkan supaya jangan menjadi seperti bangsa Israel yang tetap keras kepala meskipun Tuhan sudah memperingatkan. Bahkan melawan Tuhan.


Mari belajar menjadi teruna yang bersedia mendengar setiap nasihat yang diberikan oleh orang tua, saudara atau sahabat. Kesediaan untuk mendengar merupakan bagian dari hidup takut akan Tuhan, lho! Ingatlah bahwa setiap tindakan kita akan membawa dampak bagi diri kita sendiri. Jangan mempertahankan sikap kepala batu kita, ya! (ARP)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Kuatkanlah imanku, ya Tuhan, agar aku tidak menjadi orang-orang yang menutup telinga dari setiap nasihat yang diberikan bagiku.








Comments


bottom of page