top of page

KOMUNITAS ALLAH






 


Yeremia 9 : 1-11


1 Sekiranya kepalaku penuh air, dan mataku jadi pancuran air mata, maka siang malam aku akan menangisi orang-orang puteri bangsaku yang terbunuh! 2 Sekiranya di padang gurun aku mempunyai tempat penginapan bagi orang-orang yang sedang dalam perjalanan, maka aku akan meninggalkan bangsaku dan menyingkir dari pada mereka! Sebab mereka sekalian adalah orang-orang berzinah, suatu kumpulan orang-orang yang tidak setia. 3 Mereka melenturkan lidahnya seperti busur; dusta dan bukan kebenaran merajalela dalam negeri; sungguh, mereka melangkah dari kejahatan kepada kejahatan, tetapi TUHAN tidaklah mereka kenal. 4 Baiklah setiap orang berjaga-jaga terhadap temannya, dan janganlah percaya kepada saudara manapun, sebab setiap saudara adalah penipu ulung, dan setiap teman berjalan kian ke mari sebagai pemfitnah. 5 Yang seorang menipu yang lain, dan tidak seorangpun berkata benar; mereka sudah membiasakan lidahnya untuk berkata dusta; mereka melakukan kesalahan dan malas untuk bertobat. 6 Penindasan ditimbuni penindasan, tipu ditimbuni tipu! Mereka enggan mengenal TUHAN. 7 Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam: "Sesungguhnya, Aku mau melebur dan menguji mereka, sebab apakah lagi yang dapat Kulakukan terhadap puteri umat-Ku? 8 Lidah mereka adalah anak panah yang membunuh, perkataan dari mulutnya adalah tipu; mereka berbicara damai dengan temannya, tetapi dalam hatinya mereka merancang pengadangan terhadapnya. 9 Masakan Aku tidak menghukum mereka karena semuanya ini?, demikianlah firman TUHAN. Masakan Aku tidak membalas dendam-Ku kepada bangsa yang seperti ini? 10 Menangis dan merintihlah karena gunung-gunung, dan merataplah karena padang rumput di gurun, sebab semuanya sudah tandus sampai tidak ada orang yang melintasinya, dan orang tidak mendengar lagi suara ternak; baik burung-burung di udara maupun binatang-binatang, semuanya telah lari dan sudah lenyap. 11 Aku akan membuat Yerusalem menjadi timbunan puing, tempat persembunyian serigala-serigala; Aku akan membuat kota-kota Yehuda menjadi sunyi sepi, tidak berpenduduk lagi."


Alkitab Terjemahan Baru © Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia 1974, 2018.


 

Suatu ketika sekelompok relawan berhasil menyelamatkan seekor hewan liar yang terluka akibat perkelahian, hewan malang itu terlihat kelaparan karena tidak sanggup mencari makan sendiri akibat luka-luka diseluruh tubuhnya. Singkat cerita hewan itu pulih dan bermaksud untuk dikembalikan ke habitat aslinya. Namun, dia tidak langsung diterima kembali oleh kelompoknya, perlu waktu beberapa hari hingga akhirnya dia dapat bergabung dan diterima kembali.


Komunitas mempengaruhi keberadaan individu, hewan diatas tidak langsung diterima komunitas aslinya karena dirinya sudah “berbau” komunitas lain. Selama hewan malang ini berada dalam perawatan oleh para relawan, tentunya ada kebiasaan liar yang hilang; berburu makanan misalnya, yang sedikit banyak mempengaruhi naluri liar hewaninya.


Yeremia meratapi komunitasnya yang beranjak menjauhi Allah; tiap-tiap orang saling berdusta satu dengan lainnya, saling berzinah, saling menindas, melangkah dari kesalahan satu kepada kesalahan kedua dan seterusnya, tidak lagi mau mengenal Allah, tidak mau mengaku kesalahan dan malam bertobat. Seruan untuk kembali dilakukannya untuk memperingatkan dan barangkali dapat menjauhkan komunitasnya itu dari murka Allah.


Bagaimana dengan sobat teruna? Adakah komunitasmu juga adalah komunitas yang tidak mengenal Allah? Adakah saling iri dengki dan fitnah menjadi kebiasaan dalam ruang-ruang curhat komunitas online? Adakah komunitas membawa kita malas bahkan lupa untuk kembali pada Allah dan bertobat? Sudahkah masing-masing menyerukan yang baik bagi komunitas kita? Sudahkah mengingatkan teman-teman untuk tidak berjoget seronok di medsos? Tidak iseng berkomentar negatif di timeline teman apalagi forum-forum unum yang sensitif. Sudahkah berdoa bagi mereka supaya terluput dari murka Allah? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang perlu direnungkan bersama untuk membangun komunitas yang Allah kehendaki. (IND)



Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :

"Ampuni aku dan teman-temanku saat kami mempertontonkan hal yang tidak Kau suka."




Comments


bottom of page