KONSISTEN


Matius 23 : 1-4


1 Maka berkatalah Yesus kepada orang banyak dan kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: 2 ”Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. 3 Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya. 4 Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya.


Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia

Sobat Teruna, apa itu konsisten? Konsisten mempunyai dua arti. Pertama, konsisten berarti tidak berubah atau tetap. Kedua, konsisten berarti selaras atau sesuai. Contohnya, perkataan sesuai dengan perbuatan, artinya konsisten. Saat seseorang mengatakan bahwa ia akan makan, maka itu berarti sebentar lagi dia mau memakan sesuatu. Saat kita mengatakan akan membantu, itu berarti benar-benar memberikan pertolongan. Persoalannya adalah perkataan seseorang terkadang tidak sesuai dengan perbuatannya.


Bacaan Alkitab hari ini menceritakan perkataan Tuhan Yesus kepada para murid dan orang-orang yang mengikuti-Nya. Tuhan Yesus berkata bahwa para murid-Nya harus mengikuti dan melakukan apa yang diajarkan oleh ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Namun demikian, Tuhan Yesus juga menyatakan jangan melakukan apa yang mereka lakukan. Mengapa? Karena orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat tidak melakukan apa yang mereka ajarkan. Perkataan mereka tidak sesuai dengan apa yang ditunjukkan melalui tindakan. Ajaran-ajaran mereka berasal dari ajaran Nabi Musa. Namun demikian, mereka tidak melakukan apa yang Nabi Musa lakukan. Dengan kata lain, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berarti bersikap tidak konsisten.


Sobat Teruna, ada pelajaran penting dari bacaan Alkitab hari ini. Kita belajar untuk tidak menjadi seperti ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang tak konsisten. Karena itu sebagai orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, kita juga harus melakukan apa yang diajarkan-Nya. Tuhan Yesus meminta kita untuk mempunyai sikap konsisten. Contohnya, jika kita menetapkan waktu untuk belajar, maka jangan melakukan hal lain. Belajarlah sesuai waktu yang sudah ditentukan. Jika kita mengatakan akan membantu orangtua, maka lakukanlah itu, walau apa pun yang terjadi. Jadilah teruna Kristen yang bersikap konsisten. (BAI)

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong ajarlah aku untuk menjadi teruna yang konsisten karena itu mohon kuatkan hati dan pikiranku agar bisa melakukan apa yang Engkau ajarkan.