KONSISTEN DENGAN TEKAD DAN KOMITMENMU


 

2 Tawarikh 31: 2-10

2 Hizkia menetapkan rombongan para imam dan orang-orang Lewi, rombongan demi rombongan, masing-masing menurut tugas jabatannya sebagai imam atau sebagai orang Lewi, untuk mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, untuk mengucap syukur dan menyanyikan puji-pujian dan untuk melayani di pintu-pintu gerbang di tempat perkemahan Tuhan. 3 Raja memberi sumbangan dari harta miliknya untuk korban bakaran, yakni: korban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang, korban bakaran pada hari-hari Sabat dan pada bulan-bulan baru dan pada hari-hari raya, yang semuanya tertulis di dalam Taurat Tuhan. 4 Ia memerintahkan rakyat, yakni penduduk Yerusalem, untuk memberikan sumbangan yang menjadi bagian para imam dan orang-orang Lewi, supaya mereka dapat mencurahkan tenaganya untuk melaksanakan Taurat Tuhan. 5 Segera setelah perintah ini tersiar, orang Israel membawa dalam jumlah yang besar hasil pertama dari pada gandum, anggur, minyak, madu dan segala macam hasil bumi. Mereka membawa juga persembahan persepuluhan dari segala sesuatu dalam jumlah yang besar. 6 Orang Israel dan orang Yehuda yang tinggal di kota-kota Yehuda juga membawa persembahan persepuluhan yang terdiri dari lembu sapi dan kambing domba, dan persembahan persepuluhan yang terdiri dari persembahan kudus yang telah dikuduskan bagi Tuhan Allah mereka. Semuanya itu diletakkan mereka bertimbun-timbun. 7 Mereka mulai membuat timbunan itu pada bulan yang ketiga, dan mereka selesai pada bulan yang ketujuh. 8 Hizkia dan para pemimpin datang melihat timbunan itu, dan mereka memuji Tuhan dan umat-Nya, orang Israel. 9 Hizkia menanyakan para imam dan orang-orang Lewi tentang timbunan itu, 10 dan dijawab oleh Azarya, imam kepala keturunan Zadok demikian: ”Sejak persembahan khusus mulai dibawa ke rumah Tuhan, kami telah makan sekenyang-kenyangnya, namun sisanya masih banyak. Sebab Tuhan telah memberkati umat-Nya, sehingga tinggal sisa yang banyak ini.”

Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


 


Di hari kedua tahun 2021, apakah Sobat Teruna masih konsisten melaksanakan komitmen baru? Mari belajar dari Raja Hizkia. Arti namanya adalah Yahweh itu kekuatanku. Ia konsisten dengan agenda reformasi keagamaan yang dilakukannya. Setelah mengadakan pembersihan dari kecemaran atau pengudusan bait Suci dan umat, kini dia mengajak Bangsa Yehuda serta Israel untuk memberikan persembahan kepada Tuhan. Raja Hizkia sendiri juga memberikan persembahan korban kepada Tuhan. Umat pun memperhatikan himbauan Raja Hizkia. Mereka memberikan persembahan. Dengan persembahan-persembahan tersebut, kehidupan para imam tidak berkekurangan. Tindakan lanjutan yang dilakukan Raja Hizkia ini sesungguhnya bukan hanya menjamin kehidupan para imam, melainkan tetap menjaga ‘api iman’ orang Israel. Karena yang dapat mengadakan hubungan khusus dengan Tuhan secara bangsa ataupun umat, adalah para imam tersebut. Para imam nanti akan mengajarkan segala sesuatu, khususnya tentang tindakan-tindakan yang kudus dan benar yang harus dilakukan umat. Para imam juga yang akan melakukan penyampaian penyesalan dosa atau pertobatan umat kepada Tuhan. Itulah sebabnya para imam perlu didukung dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi harian mereka.


Sobat Teruna, sebagaimana teladan Raja Hizkia maka kita pun harus bisa tetap konsisten memegang teguh dan melaksanakan sebuah tekad atau komitmen yang baru dalam kehidupan ini. Walaupun ada rintangan-rintangan yang akan dihadapi. Seperti masalah sandang, pangan, perekonomian, maupun tubuh kita yang lemah (sakit), dll. Jangan sia-siakan waktu yang ada. Karena itu, mulailah tahap awal mewujudkan tekad dan komitmen baru dengan mempersiapkan serta membina diri lebih serius lagi, khususnya dalam hal kerohanian, yaitu menjaga ‘api iman tetap membara.’ Sobat Teruna pasti bisa karena ada Tuhan yang memberikan kekuatan! (JYK)


 


Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Tuhan Yesus, tolong aku bisa tetap konsisten melaksanakan tekad dan komitmenku kepada-Mu karena Engkaulah kekuatanku.