KUASA TUHAN BEKERJA


Nehemia 4 : 7-9


7 Ketika Sanbalat dan Tobia serta orang Arab dan orang Amon dan orang Asdod mendengar, bahwa pekerjaan perbaikan tembok Yerusalem maju dan bahwa lobang-lobang tembok mulai tertutup, maka sangat marahlah mereka. 8 Mereka semua mengadakan persepakatan bersama untuk memerangi Yerusalem dan mengadakan kekacauan di sana. 9 Tetapi kami berdoa kepada Allah kami, dan mengadakan penjagaan terhadap mereka siang dan malam karena sikap mereka.



Alkitab Terjemahan Baru © 1974, Indonesian Bible Society – Lembaga Alkitab Indonesia


Sobat Teruna, dalam menjalani hari-hari kehidupan ini kadang kala kita temui orang-orang yang tidak menyukai tanpa sebab. Bagaimana sikap kita ketika hal itu terjadi? Bacaan alkitab hari ini mengajarkan, bahwa kuasa Tuhan turut bekerja dalam setiap aspek kehidupan kita.


Dikisahkan bahwa perbaikan tembok Yerusalem terus berjalan, bahkan progress pembangunannya berjalan dengan baik dan sangat maju. Mendengar hal tersebut, timbullah kemarahan dalam diri Sanbalat dan sekutunya. Mereka merencanakan melakukan penyerangan ke Yerusalem dan mengadakan kekacauan di sana.


Mengetahui hal ini, Nehemia memerintahkan kepada seluruh penduduk Yerusalem untuk berjaga-jaga. Mereka yang sedang bekerja membangun tembok Yerusalem dibekali juga dengan pedang, tombak dan panah. Sebagai pemimpin, Nehemia tetap memberikan semangat dan motivasi untuk tidak takut melawan musuh. Bukan karena dia merasa diri hebat, tetapi percaya bahwa Tuhan yang Mahabesar ada bersama mereka. Ketika orang-orang yang memusuhi Nehemia mengetahui bahwa rencana tersebut telah diketahui, maka undurlah mereka.


Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, sebagai anak pilihan-Nya, kita tidak perlu takut menghadapi apa pun dalam kehidupan ini. Alasannya, karena Tuhan yang kita percayai selalu menjaga dan melindungi. Tuhan menolong ketika Sobat teruna mengalami kesusahan di sekolah, di lingkungan pergaulan, di mana saja. Tuhan maha mengetahui apa yang dirancangkan seseorang kepada sesamanya, yang baik ataupun yang jahat. Berjaga-jagalah senantiasa. Berdoalah juga untuk mereka yang memusuhi kita, seperti yang diajarkan Tuhan Yesus. Kuasa Tuhan itu nyata dan turut bekerja dalam kehidupan kita, untuk melepaskan dari yang jahat. Hanya yang Tuhan inginkan adalah kita sebagai anak-Nya tetap berkomunikasi melalui doa kepada-Nya dan mengandalkan Dia setiap saat, seperti Nehemia. (SMS)





Berdoalah agar firman Tuhan hari ini bisa berakar, tumbuh dan berbuah dalam kehidupan Sobat Teruna :


Ya Tuhan, aku mau hidup dekat pada-Mu dan mempertaruhkan masa depanku hanya pada-Mu. Mohon berikanlah aku hikmat-Mu agar oleh bimbingan Roh Kudus dapat mengampuni dan mengerti apa yang harus diperbuat ketika ada orang-orang yang memusuhi.